RPP SMA Kelas X materi report text


 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN  (RPP 3)
BIG-LM-3.8/4.8/2/8
Satuan Pendidikan   : SMAN 1 Pare
Mata Pelajaran         : Bahasa Inggris (PEMINATAN)
Kelas / Semester        : X / 2
Topik                          : Factual Reports (Report Text)
Alokasi Waktu          : 6 x 45 menit (2 x pertemuan)

 

A. KOMPETENSI INTI
KI 1.    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2.    Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3.    Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI  4.  Mengolah, menalar,  dan menyaji  dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu  menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.  KOMPETENSI DASAR
1.1      Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantarkomunikasi internasional.
2.1         Menghargai perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi antar pribadi  dengan guru dan teman.
2.2           Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
2.3           Menunjukkan  perilaku  tanggung  jawab peduli, kerjasama dan cinta damai dalam  melaksanakan komunikasi fungsional.
3.8           Membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa Report Text lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait teknologi yang tercakup dalam.
mata pelajaran lain di Kelas X sesuai dengan konteks penggunaannya.

INDIKATOR
3.8.1  Menganalisa fungsi sosial dari teks repoet kegiatan di buku dan media massa. (C4)
3.8.2  Menganalisa struktur Report Text kegiatan di buku dan media massa. (C4)
3.8.3  Menganalisa unsur kebahasaan dari teks  report kegiatan di buku dan media massa. (C4)
3.8.4     Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada Report Text, sesuai dengan konteks penggunaannya dengan tepat dan baik. (C4)
4.8    Menyusun Report Text terkait teks fungsional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan  memberi dan meminta informasi terkait kecukupan untuk dapat/tidak dapat melakukan/menjadi sesuatu, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks. (C5)

INDIKATOR
4.8.1     Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan Report Text lisan dan tulis, dalam bentuk biografi terkait tokoh terkenal.  (C6)
4.8.2    Menyusun Report Text lisan dan tulis, dalam bentuk biografi, terkait tokoh terkenal, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks (C5)
4.8.3      Menyusun Report Text percakapan sederhana tentang tindakan memberi dan  meminta informasi terkait kecukupan untuk dapat/tidak dapat melakukan/menjadi sesuatu, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan Report Text). (C5)
4.8.4     Mempraktikkan ucapan tentang tindakan memberi dan meminta informasi terkait kecukupan untuk dapat/tidak dapat melakukan/menjadi sesuatu, sesuai dengan konteks penggunaannya. (C5)

C.  TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah proses menggali informasi melalui berbagai fakta, menanya konsep, berdiskusi, menginterprestasi, mengasosiasi, dan mengomunikasikan, siswa dapat :
4.1.1.      Membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa Report Text lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait teknologi yang tercakup dalam mata pelajaran lain di Kelas X.
4.1.2.      Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahsaan recount lisan dan tulis terkait teknologi yang tercakup dalam mata pelajaran lain di Kelas X.
4.1.3.      Menyusun Report Text lisan dan tulis, pendek dan sederhana, terkait peristiwa bersejarah dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahsaan, secara benar dan sesuai konteks.
4.8.1    Membuat teks sederhana tentang kecukupan untuk menyatakan dan menanyakan untuk dapat/ tidak dapat melakukan sesuatu dengan menggunakan aspek‑aspek yang telah dipelajari dengan benar.



D.      MATERI PEMBELAJARAN
Fakta      : Report Text (Teknologi terkait dengan mata pelajaran lain di Kelas X, yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat dalam KI).

Polar Bears
            Polar bear is very large and strong animals. This animal can be found at the North Pole which is the coldest regions on earth. While at the South Pole there is no even a polar bear.
            If in standing position, polar bear is very high. Its height can reach 3 meters and its weighs is approximately 450 pounds. They can use their front legs as hands and their back feet as they foot to walk. Polar bears have very thick fur to protect themselves from the cold of ice in the North Pole. The white color of their fur helps them camouflaged with snow. Although polar bears are very large and heavy, they are good swimmers. They can swim as far as 120 km away from the mainland.
The polar bear is the second highest predators in the North Pole after killer whales. They like to eat fish, seals, and penguins. Polar bear nest in caves which are in the Ice. Unlike other types of bears, polar bears do not hibernate. Hibernation is a state in which they are asleep all winter.
            However, the current population of polar bears in their natural is decline. Many polar bears are hunted by poachers for its fur. Therefore, the Government of Canada, USA and Russia banned the hunting of polar bears

1.      Konsep           :
ü    Kosa kata tentang teknologi yang diamati: banyak peristilahan ilmiah.
ü    Kata kerja keadaan be, have, look, need, breed, dll., dalam Simple Present Tense, atau Simple Past Tense jika sudah punah atau tidak ada lagi.
ü    Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan dan tanda baca.
ü    Tulisan tangan.
2.   Prinsip            :
ü    Menyebutkan jenis atau definisi obyek yang dipaparkan.
ü    Deskripsi obyek termasuk nama, bagian-bagian, sifat dan perilaku  yang umum ditemukan/ dilihat.
3.   Prosedur:
ü    Making a group for discussion about report text (berkelompok)

E.       METODE PEMBELAJARAN
Pertemuan 1         : Discovery Learning (Think Pair and Share)
Pertemuan 2         : Problem based learning (discussion)

F.   MEDIA, ALAT &PEMBELAJARAN
a.      Media :
·    Lembar Kerja Siswa.
·    Buku Paket
·    Buku PR siswa
b.      Alat     :
·    Spidol
·    Lap top
·    Papan tulis
c.    Sources
·      Ira Wijayanti, Nitya jwalita, Kristin Ambarwati & Mariyana. 2016. Be Smart in English 1 for grade X senior High Schools. Solo:PT Wangsa Jatra Lestari



G.      KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan 1
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
·     Guru menyapa siswa
ü  Good morning/ good afternoon everyone
ü  Good morning/ good afternoon class
·     Guru menayatakan kabar
ü  How are you today?
ü  Have you breakfast/eaten?
·      Menyampaikan kompetensi (cakupan materi) dan rencana kegiatan
·      Memeriksa kehadiran peserta didik dan menulis kegiatan apa yang dilakukan hari ini di jurnal.
·      Menyiapkan LCD dan laptop
·      Menjelaskan kepada peserta didik tentang apa yang akan dipelajari hari ini.
15 menit
Inti
  1. Stimulation
·         Siswa disajikan gambar yang ada di buku materi.
·         Siswa di minta mencari generic structure of report text.
·         Siswa ditunjukkan contoh2 kalimat yang berkaitan dengan materi.
  1. Problem Statement
·            Siswa diminta mengidentifikasi/mencari word yang berkaitan dengan kalimat report text.
·            Siswa mencari synonyms berkaitan dengan kalimat report text.
·            Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan pada materi yang  disajikan.
  1. Data Collecting
·            Siswa di minta untuk membuat kelompok 5-6 setiap kelompok.
·            Siswa diminta untuk mencari/membuat kalimat report text.
  1. Data Processing
·            Siswa diminta menukarkan kalimat yang sudah dibuat/dicari kepada kelompok lain.
·           Siswa diminta mengidentifikasi ada kata yang salah dalam kalimat.
  1. Verification
·            Siswa berdiskusi tentang materi yang sedang di bahas.
f.        Mengkomunikasikan
·            Siswa diminta mentranslite report text yang ada di buku  paket.
105 menit

Penutup
·         Siswa menunjukkan hasil karyanya kepada guru.
·         Siswa mendapatkan overall feedback 
·         Siswa mereview hasil pembelajaran yang sudah didapat
·         Siswa di beri tugas tentang materi yang sudah di pelajari.
·         Guru menutup pelajaran
15 menit

Pertemuan 2
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan

·     Guru menyapa siswa
ü  Good morning/ good afternoon everyone
ü  Good morning/ good afternoon class
·     Guru menayatakan kabar
ü  How are you today?
ü  Have you breakfast/eaten?
·      Menyiapkan LCD dan Laptop
·      Menyampaikan kompetensi (cakupan materi) dan rencana kegiatan
·      Memeriksa kehadiran peserta didik dan menulis kegiatan apa yang dilakukan hari ini di jurnal
·      Menjelaskan kepada peserta didik tentang apa yang akan dipelajari hari ini
15 menit
Inti
a.      Mengamati
·         Siswa diminta me review materi yang sudah di ajarkan minggu kemarin.
·         Siswa di memcocokkan PR yang diberikan minggu kemarin.
·         Siswadiminta mengidentifikasi tentang kalimat tersebutdan membandingkan dengan contoh kalimat pada pertemuan sebelumnya
b.      Menanya
·         Siswaditanya kebisaan tentang materi yang sudah di ajarkan.
·         Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan pertanyaan yang diberikan guru.
c.       Mengeksplorasi
·         Siswa diminta untuk menemukan  perbedaan antara kalimat  yang disajikan oleh guru.
d.      Mengasosiasikan
·         Siswa diminta membuat kalimat yang leibh bagus dari pertemuan berikutnya
e.       Mengkomunikasikan
·         Siswa memaparkan hasil karyanya dan di nilai oleh guru.
·         Siswa di beri materi berikutnya kalau siswa sudah faham semua.
105 menit

Penutup
·         Siswa menunjukkan hasil karyanya kepada guru.
·         Siswa mendapatkan overall feedback.
·         Siswa mereview hasil pembelajaran yang sudah didapat dan baru saja didapat.
·         Siswa di beri tugas tentang materi yang sudah di pelajari
·         Guru menutup pelajaran
15 menit

H.             PENILAIAN PROSES DAN HASIL BELAJAR
1. Teknik dan Bentuk Instrumen
Teknik
Bentuk Instrumen
Pengamatan sikap
Lembar pengamatan sikap dan  rubrik
Penilaian Kinerja
Lembar penilaian kinerja dan rubrik
Tes tulis
Uraian dan rubriknya
2. Instrumen            
a.    Pengamatan sikap
1)   Lembar Pengamatan Sikap
No.
Aspek yang dinilai
3
2
1
Keterangan
1.
Bersemangat dalam mengikuti kegiatan pembelajaran Bahasa Inggris




2.
Antusiasmedalammemahamibacaan




3
Tanggungjawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok




4
Menghargaipendapat orang lain







2)         Rubrik Penilaian Sikap
No
Aspek yang dinilai
Skor
Rubric
1
Bersemangat  dalam mengikuti kegiatan  pembelajaran Bahasa Inggris

3
Menunjukkan ekspresi mimik wajah senang, ceria,semangat dan gembira dalam  mengikuti kegiatan pembelajaran Bahasa Inggris.
2
Menunjukkan ekspresi mimik wajah senang, ceria, dan gembira tapi tidak bersemangat dalam mengikuti kegiatan pembelajaran Bahasa Inggris.
1
Tidak menunjukkan ekspresi mimik wajah senang, ceria, semangat dan gembira terhadap terhadap dalam  mengikuti kegiatan pembelajaran Bahasa Inggris
2
Antusias dalam memahami bacaan
3
Antusias dalam menjawab pertanyaan yang 
berkaitan dengan bacaan.
2
Kurang antusias dalam menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan bacaan.
1
Tidak antusias dalam menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan bacaan.
3
Ketekunan dan tanggungjawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok
3
Tekun dalam menyelesaikan tugas dengan hasil terbaik yang bisa dilakukan, berupaya tepat waktu.
2
Berupaya tepat waktu dalam menyelesaikan tugas, namun belum menunjukkan upaya terbaiknya.
1
Tidak berupaya sungguh sungguh dalam  menyelesaikan tugas, dan tugasnya tidak selesai.
4
Menghargai pendapat orang lain
3
Aktif dalam tanya jawab, dapat mengemukaan gagasan atau ide, menghargai pendapat siswa lain.
2
Aktif dalam tanya jawab, tidak ikut mengemukaan gagasan atau ide, menghargai pendapat siswa lain.
1
Aktif dalam tanya jawab, tidak ikut mengemukaan gagasan atau ide, kurang menghargai pendapat siswa lain.

No
Aspek yang dinilai
Nilai
Paraf guru
1
Bersemangat dalam mengikuti kegiatan pembelajaran Bahasa Inggris.


2
Antusias medalam memahami bacaan.

3
Tanggung jawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok.

4
Menghargai pendapat orang lain.


Rata – rata

Nilai:  total skor yang diperoleh  × 10
12

a.    Uraian dan rubriknya



Rubrik Penilaian Menulis (POINT C)
No


Nama
Aspek yang dinilai


Jumlah

Grade
Konten
(gambar)
Pemilihan kata
Struktur dan tata bahasa
















Skala nilai :
Masing masing aspek nilai maksimalnya 32 point dengan skala:
>15 : kurang
15-20: sedang
20-25: baik
25-29: amat baik
30-32 :istimewa
Padanilaiakhir, setelahdijumlah, diberlakukan system grading dengan criteria:
A : Skor 91 – 100
B : Skor 75 – 90
C : Skor 60 – 74
K : Skor ≤ 59

Mengetahui,                                                               Pare, 5 Januari 2018            
Kepala SMAN 1 Pare                                               Guru Mata Pelajaran
                                                                                                                                               
                       
Drs. Mohammad Tohir, M.Pd.I                              Dr. Muhson, M.Pd   
NIP. 19631122 198803 1 005                                    NIP. 19650324 199203 1 005

STUDENT’S WORKSHEET
Lampiran Kegiatan Belajar 1

Read the explanation below.


A. Pengertian Report Text dan Contohnya
            Report text adalah salah jenis genre of text yang masuk kategori descriptive. Definisi report text itu sendiri adalah sebuah genre atau jenis teks yang berusaha menggambarkan sesuatu seperti benda, manusia, tumbuhan, hewan dan lain sebagainya yang masih sangat umum. Jadi tidak fokus pada satu benda melainkan semua benda yang masuk dalam satu kategori. Misalnya kita sedang membicarakan gajah, maka kita akan membahas sifat, bentuk, karakter gajah pada umumnya.
B. Perbedaan Report Text dan Descriptive Text
            Cara membedakan report text dan descriptive text yang paling mudah adalah dengan melihat apakah sesuatu yang digambarkan tersebut umum atau khusus. Jika sesuatu tersebut adalah umum, maka jenis textnya adalah report. Tetapi jika khusus, maka jenis textnya adalah descriptive.
            Misal, pada penjelasan descriptive text saya memberi contoh tentang Candi Borobudur. Di dalamnya menjelaskan bagaimana bentuk Candi Borobudur, letaknya dan kapan dibuatnya. Jadi hanya fokus dan khusus menjelaskan satu objek yang bernama Candi Borobudur. Lain halnya jika saya menjelaskan tentang Candi. Maka saya akan menjelaskan bentuk atau model candi pada umumnya seperti apa, kemudian candi merupakan tempat peribadatan agama apa dan seterusnya. Jadi saya menjelaskan Candi secara umum, baik itu candi Borobudur, Prambanan, Mendut dan lain sebagainya, tidak khusus dan fokus.
            Selain itu, biasanya report text biasanya menggambarkan sesuatu dengan sudut pandang ilmiah. Sehingga biasanya akan diikuti dengan penjelasan tentang hasil penelitian atau observasi terhadap objek yang sedang dibicarakan tersebut.
C. Tujuan Report Text
            Tujuan komunikatif Report text adalah untuk menggambarkan tentang sesuatu secara apa adanya yang merupakan hasil observasi atau penelitian dan analisa secara sistematis. Intinya text Report berisi fakta-fakta sebuah objek yang bisa dibuktikan secara ilmiah.
D. Generic Structure Report Text
Susunan umum atau Generic Structure pada umumnya terdiri dari urut-urutan sebagai berikut:
ü  General Clasification
            Pengantar tentang sesutau atau fenomena yang akan dibahas. (Menyatakan klasifikasi / gambaran umum tetnang apa yang akan kita gambarkan)
ü  Description
            Tells what the phenomenon under discussion; in terms of parts, qualities, habits or behaviors. Pada bagian ini menerangkan sesuatu gambaran atau fenomena-fenomena yang terjadi, baik bagian-bagiannya, sifat-sifatnya, kebiasaannya, ataupun tingkah lakunya. Intinya adalah penjabaran dari klasifikasi yang disajikan. Atau Menggambarkan ciri – ciri dari objek yang akan didiskusikan secara detail. Ciri – ciri dalam hal ini adalah bentuk, bagian – bagian, sifat, perilaku, dll.
E. Ciri-ciri Report Text
ü  Menggunakan pola kalimat simple present tenses
ü  Menggunakan kata benda umum (General Nouns)
ü  Menngunakan kata kerja yang saling berhubungan

Example

Komodo Dragon
 
      General Classification
            Komodo dragons have thrived in the harsh climate of Indonesia’s Lesser Sunda Islands for millions of years, although amazingly, their existence was unknown to humans until about 100 years ago.
            Reaching 10 feet (3 meters) in length and more than 300 pounds (136 kilograms), Komodo dragons are the heaviest lizards on Earth. They have long, flat heads with rounded snouts, scaly skin, bowed legs, and huge, muscular tails.
         Description
            As the dominant predators on the handful of islands they inhabit, they will eat almost anything, including carrion, deer, pigs, smaller dragons, and even large water buffalo and humans. When hunting, Komodo dragons rely on camouflage and patience, lying in wait for passing prey. When a victim ambles by, the dragon springs, using its powerful legs, sharp claws and serrated, shark-like teeth to eviscerate its prey..
            Animals that escape the jaws of a Komodo will only feel lucky briefly. Dragon saliva teems with over 50 strains of bacteria, and within 24 hours, the stricken creature usually dies of blood poisoning. Dragons calmly follow an escapee for miles as the bacteria takes effect, using their keen sense of smell to hone in on the corpse. A dragon can eat a whopping 80 percent of its body weight in a single feeding.
            There is a stable population of about 3,000 to 5,000 Komodo dragons on the islands of Komodo, Gila Motang, Rinca, and Flores. However, a dearth of egg-laying females, poaching, human encroachment, and natural disasters has driven the species to endangered status.
Sources : http://animals.nationalgeographic.com/
Penjelasan:
Paragraf pertama: General Classification. Berisi pengenalan objek bahwa Komodo adalah binatang yang telah ada sejak berjuta-juta tahun yang lalu.
Pada paragraf kedua dan seterusnya: Description. Berisi tentang bentuk fisik Komodo meliputi panjang, berat, maupun ciri fisiknya dan kebiasaannya mencari makan serta statistik populasi habitat Komodo di berbagai daerah.
Sources:https://inggrisonline.com/pengertian-struktur-ciri-report-text-dan-contohnya/
Setelah memahami struktur teks diatas cobalah mengidentifikasi struktur teks berikut.





Cats

            Cats also called the domestic cat or house cat (with its scientific name: Felis silvestris catus or Felis catus) is a type of carnivorous mammal of the family Felidae.

The word "cat" generally refers to a "cat" that has been tamed, but can also refer to the "big cats" such as lions and tigers.

Cats are considered as "perfect carnivore" with teeth and particular digestive tract. The first premolar and molar teeth form a pair of fangs on each side of the mouth that works effectively as a pair of scissors to tear the meat.

Although these features also exist in the Canidae or dog, but these traits are better developed in cats.
           
Unlike other carnivores, cats eat almost non vegetable substance. Bears and dogs sometimes eat berries, roots, or honey as a supplement, while cats only eat meat, usually freshly killed prey.

In captivity, cats can not adapt to a vegetarian diet because they can not synthesize all the amino acids they need from plant material; it is in contrast with domesticated dogs, which commonly are fed a mixture of meat and vegetables and sometimes it can adapt to a completely vegetarian meal.

Cats have mingled with human life since at least 6000 BC, from the skeleton of the cat found on the island of Cyprus.

The ancient Egyptians of 3500 BC have used cats to keep away the rats or other rodents from the barn where the crops were saved.Currently, the cat is one of the most popular pet in the world.

Cats that his lines are recorded officially as a cat breeds or pure breed are Persian, Siamese, Manx, and the sphinx. These kinds of cat are usually bred in official captivity animal. The number of purebred cat is only 1% of all cats in the world; the rest is a cat with mixed ancestry such as wild cats or domestic cats.




Lampiran Kegiatan Belajar  2

Setelah kalian belajar tentang struktur Report Text pada contoh kegiatan belaj-ar 1,sekarang perhatikan kata kerja (simple present tenses) pada teks berikut!

Find the synonyms of the words from the text!
NO
Tenses
synonyms



Lampiran Kegiatan Belajar 3
Read the report text and translate this text to Indonesia!



Lampiran Kegiatan Belajar 4
Penutup
How do you feel with the lesson you have done?
Tabel Refleksi Diri Pemahaman Materi
No
Pertanyaan
Ya
Tidak
1.
Apakah kalian telah memahami generic structure dari Report Text?


2.
Dapatkah kalian mengidentifikasi kata kerja yang ada pada Report Text?


3.
Dapatkah kalian menentukan generic structure masing-masing paragrap?


4.
Dapatkah kalian menemukan word meaning dari masing-masing paragrap?


5.
Dapatkah menjawab pertanyaan dari materi yang sudah di sajikan?



Jika menjawab “TIDAK” pada salah satu pertanyaan di atas, maka pelajarilah kembalimateri tersebut dalam BukuTeks Pelajaran (BTP) dan pelajari ulang kegiatan belajar 1 yang sekiranya perlu kalian ulang dengan bimbingan Guru atau teman sejawat. Jangan putus asa untuk mengulang lagi!. Dan apabila kalian menjawab “YA” pada semua pertanyaan, maka lanjutkan berikut.

Dimana posisimu?
Ukurlah diri kalian dalam menguasai materi Report Text dalam rentang 0 – 100, tuliskan kedalam kotak yang tersedia.

 





Setelah kalian menuliskan penguasaan hadap materi Report Text, lanjutkan kegia-tan berikut untuk mengevaluasi penguasaan kalian!.

Setelah menyelesaikan kegiatan di atas dan mengikuti kegiatan belajar 4,bagaimana penyelesaian  permasalahan pada Report Text dibagian awal pembelajaran ta-di? Silahkan kalian berdiskusi dengan teman sebangku atau teman lain. Kemudian tu-liskan penyelesaian ide pokok dan nilai moral dari tekster sebut di buku kerja ma-sing-masing!.
Ini adalah bagian akhir dari UKB, mintalah tes formatif kepada Guru kalian seb-elum belajar ke UKB berikutnya. Sukses untuk kalian!!!










Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

RPP SMA Kelas X materi lagu

RPP SMA Kelas X materi text recount