RPP SMA kelas X materi Ungkapan yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Nama
Sekolah : SMANEGERI 7 KEDIRI
Mata
Pelajaran : BAHASA
INGGRIS
Kelas/Semester : X / ganjil
Materi
Pokok : Ungkapan
yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan
suatu tindakan/kegiatan
Alokasi
Waktu : 6 jp (3
pertemuan)
A.
Kompetensi
Inti/KI
KI 1 dan 2
Kompetensi Sikap Spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama
yang dianutnya”.Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu,
“Menunjukkanperilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif,dan pro-aktif sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalampergaulan dunia”
KI3 memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
KI4 mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B.
Kompetensi
Dasar/KD dan Indikator Pencapaian Kompetensi/IPK
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
|
3.3. menerapkan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi
transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan, sesuai dengan
konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan be going to, would like
to)
|
3.3.1 Mengidentifikasifungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi
transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatansesuai dengan konteks
penggunaannya.
3.3.2 Menjelaskan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks
interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan
meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatansesuai dengan
konteks penggunaannya.
3.3.3 Menggunakan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi
transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan sesuai dengan
konteks penggunaannya.
|
|
4.3. menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis pendek dan
sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat
melakukan suatu tindakan/kegiatan, dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
4.3.1 Mendiskusikan teks interaksi
transaksional lisan yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi
terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan
4.3.2 Membuat teks interaksi transaksional lisan yang melibatkan
tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu
tindakan/kegiatan
4.3.3 Mendemonstrasikan teks interaksi transaksional lisan yang melibatkan tindakan
memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan
4.3.4. membuat draft teks interaksi
transaksional tulis pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan
meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan
4.3.5. mengedit draft teks interaksi
transaksional tulis pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan
meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan
4.3.6. mempublikasikan teks interaksi
transaksional tulis pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan
meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan.
|
C.
Tujuan Pembelajaran
Melalui diskusi, tanya jawab, penugasan,
presentasi dan analisis, peserta didik dapatmenerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan dan menyusun teks
interaksi transaksional lisan dan tulis pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan
meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan,sehingga
peserta didik dapat menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya,
mengembangkan sikap jujur, peduli, dan bertanggungjawab, serta dapat
mengembangankan kemampuan berpikir
kritis, berkomunikasi, berkolaborasi, berkreasi(4C).
D. Materi
Pembelajaran
·
Faktual:
o
Ungkapan memberi dan
meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan
·
Konseptual:
o
Memberi informasi : I would like to
bake cookies with Riri ; My dad and I are going to go fishing,
o
meminta
informasi :What would you like to do on the long
weekend?; Are you going to bake choco chips cookies like the last time?
·
Prosedural:
o
be going to
+ simple verb
o
would like to +
simple verb
E.
Pendekatan/Model/Metode Pembelajaran
Model Pembelajaran Discovery Learningdengan metode diskusi, tanya jawab, penugasan, dan presentasi
F.
Media/Alat dan Bahan Pembelajaran
1.
Media/Alat
·
Laptop
·
LCD
2.
Bahan
Belajar
·
Unit Kegiatan Belajar/UKB
G.
Sumber Belajar
1.
Utami Widiati,
Zuliati Rohmah, dan Furaidah. 2016. Bahasa Inggris SMA/MA,
SMK/MAKKelas X. Jakarta:
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
2.
http://www.1-language.com/englishcoursenew/unit30_dialogue.htm
H. Langkah-Langkah
Pembelajaran
Pertemuan I (2 JP)
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.3.1 Mengidentifikasifungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks
interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan
meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatansesuai dengan
konteks penggunaannya.
3.3.2 Menjelaskan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi
transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatansesuai dengan konteks
penggunaannya.
3.3.3 Menggunakan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional
lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait
niat melakukan suatu tindakan/kegiatan sesuai dengan konteks penggunaannya.
1. Kegiatan Pendahuluan
·
Menyiapkan
peserta didik untuk mengikuti proses pembelajaran seperti berdoa, absensi,
menyiapkan buku pelajaran;
·
Memotivasi
peserta didik secara kontekstual sesuai dengan manfaat pembelajaran mengenai
teks bertransaksi dengan lingkungan sekitar
·
Mengajukan
pertanyaan-pertanyaan yang terkait dengan materi yang akan dipelajari
·
Menyampaikan
cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan pembelajaran, memberikan
orientasi terhadap materi yang akan dipelajari tentang teks interaksi transaksional lisan dan tulis
pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi
terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan
2.
Kegiatan Inti
·
Fase 1
Stimulation
(memberi stimulus)
Ø Peserta didik membaca dialog yang melibatkan ungkapan memberi dan
meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan
Ø Peserta didik diarahkan untuk berkonsentrasi
pada kata-kata yang bercetak tebal dari dialog yang melibatkan ungkapan memberi
dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan
·
Fase 2
Problem
Statement (mengidentifikasi masalah)
Ø Peserta didik mengidentifikasi masalah yang mereka temukan saat membaca
dialog yang disajikan yang terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan
teks.
·
Fase 3
Data
Collecting (mengumpulkan data)
Ø Mendorong peserta didik secara berkelompok untuk mengumpulkan informasi yang sesuai untuk memecahkan
permasalahan yang mereka
temukanyang terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan
teks.
Ø Memberikan bantuan berupa penggalian
informasi yang diperlukan atau yang terdapat dalam masalah tersebut.
·
Fase 4
Data
Processing (mengolah data);
Ø Masing- masing kelompok menyampaikan hasil diskusi kelompok menjelaskan apa yang mereka temukanyang terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan
teks.
Ø Peserta didik menggunakan apa yang mereka temukanyang
terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan tekssesuai
dengan konteks penggunaannya.
3.
Penutup
·
Memberikan
umpan balik terhadap proses pembelajaran: Well,
class, you have done a very good job today. Most of you are active. I hope next
time, all of you involve in the interaction. How do you feel during the lesson?
Is there
·
Menyimpulkan
apa yang dipelajari hari ini
·
Pemberian
tugas berupa membuat
skenario dialog yang melibatkan ungkapan memberi dan meminta informasi terkait
niat melakukan suatu tindakan/kegiatan
·
Menyampaikan
rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya
Pertemuan II (2 JP)
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
4.3.1 Mendiskusikan teks interaksi transaksional
lisan yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat
melakukan suatu tindakan/kegiatan
4.3.2 Membuat teks interaksi transaksional lisan
yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan
suatu tindakan/kegiatan
4.3.3 Mendemonstrasikan teks interaksi
transaksional lisan yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi
terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan
1.
Pendahuluan
·
Menyiapkan
kondisi peserta didik untuk mengikuti pembelajaran, seperti menanyakan kabar
dan mengabsen peserta didik
·
Menanyakan
kepada peserta didik terkait materi yang sudah dipelajari
·
Menyampaikan overview pertemuan
2.
Kegiatan Inti
·
Fase 3
Data
Collecting (mengumpulkan data)
Ø Peserta
didik secara
berkelompok mendiskusikan kembali terkait fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan tekstransaksional lisan yang
melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu
tindakan/kegiatan dari teks yang berbeda.
Ø Kelompok
yang ditunjuk menjelaskan hasil diskusi kelompoknya terkait fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan tekstransaksional lisan yang
melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu
tindakan/kegiatan dari teks yang berbeda.
·
Fase 4
Data
Processing (mengolah data);
Ø Peserta
didik menentukan pasangan
yang akan membuat tekstransaksional lisan yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan
Ø Masing-masing pasangan membuat tekstransaksional
lisan yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat
melakukan suatu tindakan/kegiatan
·
Fase 5
Verification
(memverifikasi);
Ø Masing-masing pasangan mendemonstrasikan tekstransaksional
lisan yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat
melakukan suatu tindakan/kegiatan yang telah dibuat sebelumnya.
Ø Peserta didik memberikan komentar kepada
teman-temannyaterkait atas demonstrasi tekstransaksional lisan yang
melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu
tindakan/kegiatan.
·
Fase 6
Generalization
(menyimpulkan);
Ø Guru mengarahkan peserta didik untuk mengambil
kesimpulan atas tekstransaksional lisan yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan yang telah
dibuat sebelumnya.
3.
Penutup
Ø Refleksi sejenak tentang apa yang sudah
dipelajari dalam pertemuan ini dan sebelumnya
Ø Guru menegaskan kembali feedback peserta
didik terhadap teman-temannyaterkait tekstransaksional
lisan yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat
melakukan suatu tindakan/kegiatan
Ø Guru menyampaikan feedbacknya terhadap
demonstrasi peserta didik yang melibatkan tekstransaksional
lisan yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat
melakukan suatu tindakan/kegiatan
Ø Guru
menyampaikan kegiatan dipertemuan berikutnya.
Pertemuan III (2 JP)
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
4.3.4. membuat draft teks interaksi transaksional
tulis pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan
4.3.5. mengedit draft teks interaksi transaksional
tulis pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan
4.3.6. mempublikasikan teks interaksi transaksional
tulis pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan.
1.
Pendahuluan
·
Menyiapkan
kondisi peserta didik untuk mengikuti pembelajaran, seperti menanyakan kabar
dan mengabsen peserta didik
·
Menanyakan
kepada peserta didik terkait materi yang sudah dipelajari
·
Menyampaikan overview pertemuan
2.
Kegiatan Inti
·
Fase 3
Data
Collecting (mengumpulkan data)
Ø Peserta
didik membaca
model surat yang memuat tekstransaksional tulis yang melibatkan tindakan memberi
dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan
Ø Peserta
didik brainstorming
unsur kebahasaan teks transaksionaltulis yang melibatkan tindakan memberi
dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan.
Ø Peserta
didik membuat
outline dari proses brainstorming unsur kebahasaan tekstransaksional tulis yang
melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu
tindakan/kegiatan yang telah dilakukan.
Ø Peserta
didik membuat
draft sebuah surat kepada temannya yang memuattekstransaksional
tulis
yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan
suatu tindakan/kegiatan
·
Fase 4
Data
Processing (mengolah data);
Ø Peserta
didik melakukan
self editing dari proses membuat draft sebuah surat kepada temannya yang memuattekstransaksional
tulis
yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan
suatu tindakan/kegiatan.
·
Fase 5
Verification
(memverifikasi);
Ø Peserta
didik melakukan
peer review dari proses membuat draft sebuah surat kepada temannya yang memuattekstransaksional
tulis
yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan
suatu tindakan/kegiatan dengan menukarkan pekerjaannya kepada teman
yang lain.
Ø Peserta
didik melakukan
revisi akhir surat kepada temannya yang memuattekstransaksional
tulis
yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan
suatu tindakan/kegiatan setelah pekerjaannya mendapatkan peer
review.
·
Fase 6
Generalization
(menyimpulkan);
Ø Guru mengarahkan peserta didik untuk
mengambil kesimpulan atas tekstransaksional tulis yang melibatkan tindakan memberi
dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan yang telah
dibuat sebelumnya.
3.
Penutup
Ø Refleksi sejenak tentang apa yang sudah
dipelajari dalam pertemuan ini dan sebelumnya
Ø Guru menyampaikan feedbacknya terhadap proses
menulis yang dilakukan peserta didik yang melibatkan tekstransaksional
lisan yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat
melakukan suatu tindakan/kegiatan.
I.
Penilaian Proses dan Hasil Pembelajaran
1.
Teknik Penilaian:
a.
Penilaian Sikap :
Observasi/pengamatan
b.
Penilaian Pengetahuan :
Tes Tertulis
c.
Penilaian Keterampilan :
Unjuk Kerja/Praktik, Proyek,
Portofolio
2.
Bentuk Penilaian:
a.
Observasi : Jurnal guru
b.
Tes tertulis : Uraian dan lembar kerja
c.
Unjuk kerja : Praktik/Pedoman Penskoran
d.
Proyek : Produk/Pedoman Penskoran
e.
Portofolio : E-Portofolio
3.
Instrumen Penilaian (terlampir)
J.
Pembelajaran Remediasi dan Pengayaan
·
Pembelajaran
remediasi dilakukan segera setelah kegiatan penilaian:
·
Pembelajaran
remidiasi diberikan kepada siswa yang belum mencapai KKM (besaran angka hasil remediasidisepakati
dengan adanya “penanda” yaitu angka sama dengan KKM sekolah).
·
Pengayaan
diberikan kepada siswa yang telah mencapai nilai KKM dalam bentuk pemberian
tugas yang berbasis KD yang
sama.
Kediri, 17 Juli 2018
Mengetahui,
Kepala SMA
Negeri 7 Kediri Guru
Mata Pelajaran
Dra. Hj. SRI YULISTIANI,
M.Si. TINA SUHESTI, S.S.
NIP. 19600725 198603 2 010 NIP.
197211 200501 2 006
Lampiran 1 (Materi Ajar)
Materi Ajar Pertemuan I
A.
Overview
Transactional Text
Telling and asking about intentions
Social Function : Telling and asking about intentions of
doing something is used to develop interactional communication with others
Generic Structure : 1. Opening;
2. exchange
(talking about intentions);
3.
closing
Language Features :
1.
Vocabulary : names of recreational facilities, holiday
and school activities.
2.
Grammar : would
like, be going to
B.
Read The following Dialogue! Pay attention to
the bold words, phrases, or sentences!
Santi : So, what about you, Bayu? Do you have any
plans?
Bayu : Definitely! My dad and I are going to go fishing. We plan to go fishing in a
lake near my uncle's house. Would you
like to come with us?
Santi : I don't really like fishing. I would rather stay at home than go fishing.
What about you, Riri? What would you
like to do on the long weekend?
Riri : I have made a plan with my mother about
what to do on this long weekend. We are going to practice bakingcookies.
Bayu : Are
you going to bake choco chips cookies like the other day?
Riri : Well, yes. That is my favourite. But we are going to try to make ginger cookies
too.
Riri : Oh, would you like to join me to learn
baking cookies? You can come to my house.
Bayu : It's a good idea! Or will you go fishing
with me and my dad?
Santi : Uhm, not fishing I guess. But I think I would like to bake cookies with Riri.
Thanks for asking me to join you Riri.
C.
Identify the problems (Social Function, Generic Structure, Language Features) you
have after you read the dialogue above!
D.
In a group of four, answer the following
questions based on the dialogue!
1.
What is the social function of the text above?
2.
What are the expressions used to tell the intentions from the text above?
3.
What are the expressions used to ask the intentions from the text above?
4.
Who are the speakers in the dialogue using would like to?
5.
Who are the speakers in the dialogue using be going to?
E.
Read the text above once again, then explain
it in your own word about telling and
asking about intention involving social function, generic structure, and
language feature!
F.
Use the correct expression based on the given
context!
1.
What would you like to say when you want to tell your intention to rent a
minibus or your travel?
2.
What would you like to say when you want to tell your intention to rent a
homestay for your vacation?
3.
What would you like to ask when you want to know your friend intention for
his or her birthday celebration?
4.
What would you like to ask when you want to know your friends intention for
school night carnival?
5.
What would you like to ask when you want to know your friend intention for
activities during the student gathering
G.
Provided with the pictures below, use the
expression of telling and asking intention appropiately completed with logical
reason about it!
Picture one!
Picture Two!
Materi Ajar Pertemuan II
A.
Overview
Transactional Text
Telling and asking about intentions
Social Function : Telling and asking about intentions of
doing something is used to develop interactional communication with others
Generic Structure : 1. Opening;
2. exchange
(talking about intentions);
3.
closing
Language Features :
1.
Vocabulary : names of recreational facilities, holiday
and school activities.
2.
Grammar : would
like, be going to
Another expression
I am going to ….
I am planning to ….
I will make an effort to
….
I am thinking of …..
I reckon I will ….
I have every intention
of ….
I fully intended to ….
It is my intention to ….
B.
Read The following Dialogue! Pay attention to
the bold words, phrases, or sentences!
Glenda : I'm
going to sell my car this weekend.
Will : Why
are you going to do that?
Glenda : It is going to break soon and I don't
want to fix it.
Will : Are you going to buy a new car?
Glenda : Samantha
and I are going to look at new cars next week.
Will : The people at Rick's Cars are going to
have a sale next month.
Glenda : My
friend Ryan is going to shop at Rick's Cars. I'm going to go with him.
Will : Good idea.
C.
Find a partner, then construct a dialogue
involving the expression of telling and asking about intentions! Choose one of
the given situation below for your dialogue!
1.
You plan to go to the movie this weekend. You ask several friends to go
with you. Two of your friends definitely agree with you, but the other two
cannot make up their minds.. Use the expressions in the previous section in the
conversation.
2.
School holiday is coming soon. You plan to go to your grandma's house in
the country. You want to find out what your friend is planning. Use the
expressions in the previous section in the conversation.
3.
It will be the school's anniversary next month. You and your classmates are
discussing the plan for the class performance. One of them seems to disagree
with the idea because he thinks that it will need a lot of money. Use the
expressions in the previous section in the conversation.
4.
A friend is absent because she/he is sick. You plan with your classmates to
visit her this afternoon. However, one of them makes an excuse for not going.
Use the expressions in the previous section in the conversation.
D.
Act out the dialog you have just created with
your partner in front of the class.
Materi Ajar Pertemuan III
A.
Overview
Transactional Text
Telling and asking about intentions
Social Function : Telling and asking about intentions of
doing something is used to develop interactional communication with others
Generic Structure : 1. Opening;
2. body
(talking about intentions);
3.
closing
Language Features :
1.
Vocabulary : names of recreational facilities, holiday
and school activities.
2.
Grammar : would
like, be going to
Another expression
I am going to ….
I am planning to ….
I will make an effort to
….
I am thinking of …..
I reckon I will ….
I have every intention
of ….
I fully intended to ….
It is my intention to ….
B.
Read the following paragraph of a letter
about a holiday plan, then identify expression of intention from it!
Dear Fe!
I have a plan to go for a holiday trip to
Cox’s Bazaar after my annual exams. I will go there with my parents. First
we’ll go to Chittagong by train and then from Chittagong to Cox’s Bazaar by
bus. We’ll stay there for three days. I’ll enjoy the natural beauty and the
longest sea beach of the world. I’ll collect sea-shells, pearls etc. from the
sea beach. I’m also excited to enjoy the scene of sunrise and sunset in Cox’s
Bazaar. Many tourists visit Cox’s Bazaar every year. I’m now eagerly waiting
for the completion of my annual exams.
Warm Regard,
Lucy
C.
Choose a topic to write about the intention
you are going to do for your long holiday! Following that, brainstorm that
topic by writing the connected words as many as possible! the chart might help
you to do brainstroming!
1.
Camping
2.
Travelling
3.
Shopping
4.
Snorkelling
5.
Diving
6.
Cycling
|
Selected topic
|
|
Intention 1
|
|
Intention 2
|
|
Intention 3
|
|
Intention 4
|
|
When
|
|
how
|
|
Where
|
|
When
|
|
how
|
|
Wheree
|
|
When
|
|
how
|
|
Where
|
|
When
|
|
how
|
|
Where
|
D.
Write the outline of the letter according to
the topic you have just chosen by filling in the following chart
|
Date of
writing the letter
|
|
|
Adressee
|
|
|
Opening sentence
|
|
|
Intention 1 (When,
Where, how)
|
|
|
Intention 2 (When,
Where, how)
|
|
|
Intention n (When, where, how)
|
|
|
Closing sentence
|
|
|
Writer
|
|
E.
Once you complete the the outline, write your
first draft
F.
When you have finished doing it, make sure
you edit them yourself
G.
Exchange your work with your a friend to get
review of your work
H.
Rewrite the final copy of your writing after
you have gotten the peer review
Lampiran 2
Instrumen Tes Pengetahuan dan Keterampilan
1.
Instrumen
Tes Pengetahuan
2.
Rubrik Penilaian Keterampilan
a.
Ketrampilan Lisan
|
ASPECT
|
SCORE
|
DESCRIPTION
|
|
Fluency
|
5
|
The pronunciation
and intonation are excellent and are well accepted
|
|
4
|
Errors on
pronunciation and intonation are quite rare
|
|
|
3
|
Errors on
pronunciation and intonation never interfere understanding and the accent may
be foreign
|
|
|
2
|
The accent
is intelligible
|
|
|
1
|
Errors on
pronunciation and intonation are frequent and the accent is intelligible
|
|
|
Accuracy
|
5
|
Errors on
the use of grammar and vocabularies are unobserved
|
|
4
|
Errors on
the use of grammar and vocabularies are quite rare
|
|
|
3
|
Errors on
the use of grammar and vocabularies are fair
|
|
|
2
|
Errors on
the use of grammar and vocabularies are frequent
|
|
|
1
|
The use of
grammar and vocabularies are somewhat intolerable
|
|
|
Performance
|
5
|
Very good
(expression, attitude, and gesture)
|
|
4
|
Good
(expression, attitude, and gesture)
|
|
|
3
|
Fairly
good (expression, attitude, and gesture)
|
|
|
2
|
Poor
(expression, attitude, and gesture)
|
|
|
1
|
Very poor
(expression, attitude, and gesture)
|
|
|
Generic Structure
|
5
|
Complete
and orderly text structure
|
|
4
|
Complete
but not orderly text structure
|
|
|
3
|
Incomplete
text structure
|
|
|
2
|
Incorrect
text structure
|
|
|
1
|
No text
structure
|
b.
Ketrampilan Tulis
|
ASPECT
|
SCORE
|
DESCRIPTION
|
|
Generic
Structure
|
5
|
Complete
and orderly text structure
|
|
4
|
Complete
but not orderly text structure
|
|
|
3
|
Incomplete
text structure
|
|
|
2
|
Incorrect
text structure
|
|
|
1
|
Unstructured
|
|
|
Developing Ideas
|
5
|
Correct
main idea, relevant supporting sentences
|
|
4
|
Nearly
relevant main idea and supporting sentences
|
|
|
3
|
Less
relevant main idea and supporting sentences
|
|
|
2
|
Irrelevant
main idea and supporting sentences
|
|
|
1
|
No main
idea
|
|
|
Accuracy (grammar
and vocabulary)
|
5
|
Correct
use of grammar and vocabulary
|
|
4
|
Nearly
correct use of grammar vocabulary
|
|
|
3
|
Fairly
correct use of grammar and vocabulary
|
|
|
2
|
Poor use
of grammar and vocabulary
|
|
|
1
|
Incorrect
use of grammar and vocabulary
|
|
|
Mechanics (punctuation, writing style)
|
5
|
Use of correct
punctuation, good writing style
|
|
4
|
Nearly correct use of punctuation, good writing style
|
|
|
3
|
Fairly
correct use of punctuation, fairly good writing style
|
|
|
2
|
Poor use
of punctuation, poor writing style
|
|
|
1
|
Incorrect
use of punctuation, bad writing style
|
Komentar
Posting Komentar