RPP SMA kelas X materi Ungkapan yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran


Nama Sekolah        :        SMANEGERI 7 KEDIRI
Mata Pelajaran       :        BAHASA INGGRIS
Kelas/Semester     :        X / ganjil
Materi Pokok          :        Ungkapan yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan
Alokasi Waktu       :        6 jp (3 pertemuan)

A.        Kompetensi Inti/KI
KI 1 dan 2
Kompetensi Sikap Spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”.Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu, “Menunjukkanperilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif,dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalampergaulan dunia”
KI3     memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI4     mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.        Kompetensi Dasar/KD dan Indikator Pencapaian Kompetensi/IPK

Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.3. menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan be going to, would like to)
3.3.1        Mengidentifikasifungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatansesuai dengan konteks penggunaannya.
3.3.2        Menjelaskan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatansesuai dengan konteks penggunaannya.
3.3.3        Menggunakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.3.  menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.3.1        Mendiskusikan teks interaksi transaksional lisan yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan
4.3.2        Membuat teks interaksi transaksional lisan yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan
4.3.3        Mendemonstrasikan teks interaksi transaksional lisan yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan
4.3.4.       membuat draft teks interaksi transaksional tulis pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan
4.3.5.       mengedit draft teks interaksi transaksional tulis pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan
4.3.6.       mempublikasikan teks interaksi transaksional tulis pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan.

C.        Tujuan Pembelajaran
Melalui diskusi, tanya jawab, penugasan, presentasi dan analisis, peserta didik dapatmenerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dan menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan,sehingga peserta didik dapat menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya, mengembangkan sikap jujur, peduli, dan bertanggungjawab, serta dapat mengembangankan kemampuan berpikir kritis, berkomunikasi, berkolaborasi, berkreasi(4C).

D.       Materi Pembelajaran
·           Faktual:
o    Ungkapan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan
·           Konseptual:
o    Memberi informasi : I would like to bake cookies with Riri ;  My dad and I are going to go fishing,
o    meminta informasi :What would you like to do on the long weekend?; Are you going to bake choco chips cookies like the last time?
·           Prosedural:
o    be going to + simple verb
o    would like to + simple verb

E.        Pendekatan/Model/Metode Pembelajaran
Model Pembelajaran Discovery Learningdengan metode diskusi, tanya jawab, penugasan, dan presentasi

F.         Media/Alat dan Bahan Pembelajaran
1.         Media/Alat
·         Laptop
·         LCD
2.         Bahan Belajar
·           Unit Kegiatan Belajar/UKB


G.        Sumber Belajar
1.         Utami Widiati, Zuliati Rohmah, dan Furaidah. 2016. Bahasa Inggris SMA/MA, SMK/MAKKelas X. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
2.         http://www.1-language.com/englishcoursenew/unit30_dialogue.htm

H.       Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan I (2 JP)
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.3.1 Mengidentifikasifungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatansesuai dengan konteks penggunaannya.
3.3.2 Menjelaskan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatansesuai dengan konteks penggunaannya.
3.3.3  Menggunakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan sesuai dengan konteks penggunaannya.

1.      Kegiatan Pendahuluan
·         Menyiapkan peserta didik untuk mengikuti proses pembelajaran seperti berdoa, absensi, menyiapkan buku pelajaran;
·         Memotivasi peserta didik secara kontekstual sesuai dengan manfaat pembelajaran mengenai teks bertransaksi dengan lingkungan sekitar
·         Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang terkait dengan materi yang akan dipelajari
·         Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan pembelajaran, memberikan orientasi terhadap materi yang akan dipelajari tentang teks interaksi transaksional lisan dan tulis pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan

2.      Kegiatan Inti
·         Fase 1
Stimulation (memberi stimulus)
Ø  Peserta didik membaca dialog yang melibatkan ungkapan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan
Ø  Peserta didik diarahkan untuk berkonsentrasi pada kata-kata yang bercetak tebal dari dialog yang melibatkan ungkapan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan
·         Fase 2
Problem Statement (mengidentifikasi masalah)
Ø  Peserta didik mengidentifikasi masalah yang mereka temukan saat membaca dialog yang disajikan yang terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks.
·         Fase 3
Data Collecting (mengumpulkan data)
Ø  Mendorong peserta didik secara berkelompok untuk mengumpulkan informasi yang sesuai untuk memecahkan permasalahan yang mereka temukanyang terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks.
Ø  Memberikan bantuan berupa penggalian informasi yang diperlukan atau yang terdapat dalam masalah tersebut.

·         Fase 4
Data Processing (mengolah data);
Ø  Masing- masing kelompok menyampaikan hasil diskusi kelompok menjelaskan apa yang mereka temukanyang terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks.
Ø  Peserta didik menggunakan apa yang mereka temukanyang terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan tekssesuai dengan konteks penggunaannya.

3.      Penutup
·         Memberikan umpan balik terhadap proses pembelajaran: Well, class, you have done a very good job today. Most of you are active. I hope next time, all of you involve in the interaction. How do you feel during the lesson? Is there
·         Menyimpulkan apa yang dipelajari hari ini
·         Pemberian tugas berupa membuat skenario dialog yang melibatkan ungkapan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan
·         Menyampaikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya


Pertemuan II (2 JP)
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
4.3.1   Mendiskusikan teks interaksi transaksional lisan yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan
4.3.2   Membuat teks interaksi transaksional lisan yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan
4.3.3   Mendemonstrasikan teks interaksi transaksional lisan yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan

1.      Pendahuluan
·         Menyiapkan kondisi peserta didik untuk mengikuti pembelajaran, seperti menanyakan kabar dan mengabsen peserta didik
·         Menanyakan kepada peserta didik terkait materi yang sudah dipelajari
·         Menyampaikan overview pertemuan

2.      Kegiatan Inti
·         Fase 3
Data Collecting (mengumpulkan data)
Ø  Peserta didik secara berkelompok mendiskusikan kembali terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan tekstransaksional lisan yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan dari teks yang berbeda.
Ø  Kelompok yang ditunjuk menjelaskan hasil diskusi kelompoknya terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan tekstransaksional lisan yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan dari teks yang berbeda.

·         Fase 4
Data Processing (mengolah data);
Ø  Peserta didik menentukan pasangan yang akan membuat tekstransaksional lisan yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan
Ø  Masing-masing pasangan membuat tekstransaksional lisan yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan

·         Fase 5
Verification (memverifikasi);
Ø  Masing-masing pasangan mendemonstrasikan tekstransaksional lisan yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan yang telah dibuat sebelumnya.
Ø  Peserta didik memberikan komentar kepada teman-temannyaterkait atas demonstrasi tekstransaksional lisan yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan.

·         Fase 6
Generalization (menyimpulkan);
Ø  Guru mengarahkan peserta didik untuk mengambil kesimpulan atas tekstransaksional lisan yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan yang telah dibuat sebelumnya.

3.      Penutup
Ø  Refleksi sejenak tentang apa yang sudah dipelajari dalam pertemuan ini dan sebelumnya
Ø  Guru menegaskan kembali feedback peserta didik terhadap teman-temannyaterkait tekstransaksional lisan yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan
Ø  Guru menyampaikan feedbacknya terhadap demonstrasi peserta didik yang melibatkan tekstransaksional lisan yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan
Ø  Guru menyampaikan kegiatan dipertemuan berikutnya.

Pertemuan III (2 JP)
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
4.3.4.  membuat draft teks interaksi transaksional tulis pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan
4.3.5.  mengedit draft teks interaksi transaksional tulis pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan
4.3.6.  mempublikasikan teks interaksi transaksional tulis pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan.

1.      Pendahuluan
·         Menyiapkan kondisi peserta didik untuk mengikuti pembelajaran, seperti menanyakan kabar dan mengabsen peserta didik
·         Menanyakan kepada peserta didik terkait materi yang sudah dipelajari
·         Menyampaikan overview pertemuan

2.      Kegiatan Inti
·         Fase 3
Data Collecting (mengumpulkan data)
Ø  Peserta didik membaca model surat yang memuat tekstransaksional tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan
Ø  Peserta didik brainstorming unsur kebahasaan teks transaksionaltulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan.
Ø  Peserta didik membuat outline dari proses brainstorming unsur kebahasaan tekstransaksional tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan yang telah dilakukan.
Ø  Peserta didik membuat draft sebuah surat kepada temannya yang memuattekstransaksional tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan

·         Fase 4
Data Processing (mengolah data);
Ø  Peserta didik melakukan self editing dari proses membuat draft sebuah surat kepada temannya yang memuattekstransaksional tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan.

·         Fase 5
Verification (memverifikasi);
Ø  Peserta didik melakukan peer review dari proses membuat draft sebuah surat kepada temannya yang memuattekstransaksional tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan dengan menukarkan pekerjaannya kepada teman yang lain.
Ø  Peserta didik melakukan revisi akhir surat kepada temannya yang memuattekstransaksional tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan setelah pekerjaannya mendapatkan peer review.

·         Fase 6
Generalization (menyimpulkan);
Ø  Guru mengarahkan peserta didik untuk mengambil kesimpulan atas tekstransaksional tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan yang telah dibuat sebelumnya.

3.      Penutup
Ø  Refleksi sejenak tentang apa yang sudah dipelajari dalam pertemuan ini dan sebelumnya
Ø  Guru menyampaikan feedbacknya terhadap proses menulis yang dilakukan peserta didik yang melibatkan tekstransaksional lisan yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan.

I.          Penilaian Proses dan Hasil Pembelajaran

1.         Teknik Penilaian:
a.         Penilaian Sikap                         :        Observasi/pengamatan
b.         Penilaian Pengetahuan         :        Tes Tertulis
c.          Penilaian Keterampilan        :        Unjuk Kerja/Praktik, Proyek, Portofolio

2.         Bentuk Penilaian:       
a.         Observasi                                    :        Jurnal guru
b.         Tes tertulis                                 :        Uraian dan lembar kerja
c.          Unjuk kerja                                :        Praktik/Pedoman Penskoran
d.         Proyek                                          :        Produk/Pedoman Penskoran
e.         Portofolio                                    :        E-Portofolio

3.         Instrumen Penilaian (terlampir)

J.          Pembelajaran Remediasi dan Pengayaan
·       Pembelajaran remediasi dilakukan segera setelah kegiatan penilaian:
·       Pembelajaran remidiasi diberikan kepada siswa yang belum mencapai KKM (besaran angka hasil remediasidisepakati dengan adanya “penanda” yaitu angka sama dengan KKM sekolah).
·       Pengayaan diberikan kepada siswa yang telah mencapai nilai KKM dalam bentuk pemberian tugas yang berbasis KD yang sama.





Kediri, 17 Juli  2018
Mengetahui,
Kepala SMA Negeri 7 Kediri                                                       Guru Mata Pelajaran



Dra. Hj. SRI YULISTIANI, M.Si.                                               TINA SUHESTI, S.S.
NIP. 19600725 198603 2 010                                                             NIP. 197211 200501 2 006









Lampiran 1 (Materi Ajar)

Materi Ajar Pertemuan I

A.        Overview
Transactional Text
Telling and asking about intentions

Social Function         :        Telling and asking about intentions of doing something is used to develop interactional communication with others
Generic Structure    :        1.      Opening;
                                                  2.      exchange (talking about intentions);
                                                  3.      closing
Language Features  :       
1.         Vocabulary        :        names of recreational facilities, holiday and school activities.
2.         Grammar            :        would like, be going to


B.        Read The following Dialogue! Pay attention to the bold words, phrases, or sentences!
Santi     :        So, what about you, Bayu? Do you have any plans?
Bayu     :        Definitely! My dad and I are going to go fishing. We plan to go fishing in a lake near my uncle's house. Would you like to come with us?
Santi     :        I don't really like fishing. I would rather stay at home than go fishing. What about you, Riri? What would you like to do on the long weekend?
Riri      :        I have made a plan with my mother about what to do on this long weekend. We are going to practice bakingcookies.
Bayu     :        Are you going to bake choco chips cookies like the other day?
Riri      :        Well, yes. That is my favourite. But we are going to try to make ginger cookies too.
Riri      :        Oh, would you like to join me to learn baking cookies? You can come to my house.
Bayu     :        It's a good idea! Or will you go fishing with me and my dad?
Santi     :        Uhm, not fishing I guess. But I think I would like to bake cookies with Riri. Thanks for asking me to join you Riri.


C.        Identify the problems (Social Function,  Generic Structure, Language Features) you have after you read the dialogue above!


D.       In a group of four, answer the following questions based on the dialogue!
1.         What is the social function of the text above?
2.         What are the expressions used to tell the intentions from the text above?
3.         What are the expressions used to ask the intentions from the text above?
4.         Who are the speakers in the dialogue using would like to?
5.         Who are the speakers in the dialogue using be going to?


E.        Read the text above once again, then explain it in your own word about telling and asking about intention involving social function, generic structure, and language feature!


F.         Use the correct expression based on the given context!
1.         What would you like to say when you want to tell your intention to rent a minibus or your travel?
2.         What would you like to say when you want to tell your intention to rent a homestay for your vacation?
3.         What would you like to ask when you want to know your friend intention for his or her birthday celebration?
4.         What would you like to ask when you want to know your friends intention for school night carnival?
5.         What would you like to ask when you want to know your friend intention for activities during the student gathering

G.        Provided with the pictures below, use the expression of telling and asking intention appropiately completed with logical reason about it!


Picture one!
 























Picture Two!
 
























Materi Ajar Pertemuan II

A.        Overview
Transactional Text
Telling and asking about intentions

Social Function         :        Telling and asking about intentions of doing something is used to develop interactional communication with others
Generic Structure    :        1.      Opening;
                                                  2.      exchange (talking about intentions);
                                                  3.      closing
Language Features  :       
1.         Vocabulary        :        names of recreational facilities, holiday and school activities.
2.         Grammar            :        would like, be going to

Another expression
I am going to ….
I am planning to ….
I will make an effort to ….
I am thinking of …..
I reckon I will ….
I have every intention of ….
I fully intended to ….
It is my intention to ….

B.        Read The following Dialogue! Pay attention to the bold words, phrases, or sentences!
Glenda    :           I'm going to sell my car this weekend.
Will          :           Why are you going to do that?
Glenda    :           It is going to break soon and I don't want to fix it.
Will          :           Are you going to buy a new car?
Glenda    :           Samantha and I are going to look at new cars next week.
Will          :           The people at Rick's Cars are going to have a sale next month.
Glenda    :           My friend Ryan is going to shop at Rick's Cars. I'm going to go with him.
Will          :           Good idea.

C.        Find a partner, then construct a dialogue involving the expression of telling and asking about intentions! Choose one of the given situation below for your dialogue!
1.         You plan to go to the movie this weekend. You ask several friends to go with you. Two of your friends definitely agree with you, but the other two cannot make up their minds.. Use the expressions in the previous section in the conversation.
2.         School holiday is coming soon. You plan to go to your grandma's house in the country. You want to find out what your friend is planning. Use the expressions in the previous section in the conversation.
3.         It will be the school's anniversary next month. You and your classmates are discussing the plan for the class performance. One of them seems to disagree with the idea because he thinks that it will need a lot of money. Use the expressions in the previous section in the conversation.
4.         A friend is absent because she/he is sick. You plan with your classmates to visit her this afternoon. However, one of them makes an excuse for not going. Use the expressions in the previous section in the conversation.

D.       Act out the dialog you have just created with your partner in front of the class.







Materi Ajar Pertemuan III
A.        Overview

Transactional Text
Telling and asking about intentions

Social Function         :        Telling and asking about intentions of doing something is used to develop interactional communication with others
Generic Structure    :        1.      Opening;
                                                  2.      body (talking about intentions);
                                                  3.      closing
Language Features  :       
1.         Vocabulary        :        names of recreational facilities, holiday and school activities.
2.         Grammar            :        would like, be going to
Another expression
I am going to ….
I am planning to ….
I will make an effort to ….
I am thinking of …..
I reckon I will ….
I have every intention of ….
I fully intended to ….
It is my intention to ….

B.        Read the following paragraph of a letter about a holiday plan, then identify expression of intention from it!
Dear Fe!
I have a plan to go for a holiday trip to Cox’s Bazaar after my annual exams. I will go there with my parents. First we’ll go to Chittagong by train and then from Chittagong to Cox’s Bazaar by bus. We’ll stay there for three days. I’ll enjoy the natural beauty and the longest sea beach of the world. I’ll collect sea-shells, pearls etc. from the sea beach. I’m also excited to enjoy the scene of sunrise and sunset in Cox’s Bazaar. Many tourists visit Cox’s Bazaar every year. I’m now eagerly waiting for the completion of my annual exams.
Warm Regard,
Lucy

C.        Choose a topic to write about the intention you are going to do for your long holiday! Following that, brainstorm that topic by writing the connected words as many as possible! the chart might help you to do brainstroming!
1.              Camping
2.              Travelling
3.              Shopping
4.              Snorkelling
5.              Diving
6.              Cycling

Selected topic
Intention 1
Intention 2

Intention 3

Intention 4

When
how
Where
When
how
Wheree
When
how
Where
When
how
Where
 














D.       Write the outline of the letter according to the topic you have just chosen by filling in the following chart

Date of writing the letter
Adressee

Opening sentence

Intention 1 (When, Where, how)

Intention 2 (When, Where, how)

Intention n (When, where, how)

Closing sentence

Writer


E.        Once you complete the the outline, write your first draft
                                                                                                                                                                      
                                                                                                                                                                      
                                                                                                                                                                      
                                                                                                                                                                      
                                                                                                                                                                      
                                                                                                                                                                      
                                                                                                                                                                      
                                                                                                                                                                      

F.         When you have finished doing it, make sure you edit them yourself

G.        Exchange your work with your a friend to get review of your work

H.       Rewrite the final copy of your writing after you have gotten the peer review

Lampiran 2

Instrumen Tes Pengetahuan dan Keterampilan
1.         Instrumen Tes Pengetahuan

2.         Rubrik Penilaian Keterampilan
a.          Ketrampilan Lisan

ASPECT
SCORE
DESCRIPTION
Fluency
5
The pronunciation and intonation are excellent and are well accepted
4
Errors on pronunciation and intonation are quite rare
3
Errors on pronunciation and intonation never interfere understanding and the accent may be foreign
2
The accent is intelligible
1
Errors on pronunciation and intonation are frequent and the accent is intelligible
Accuracy
5
Errors on the use of grammar and vocabularies are unobserved
4
Errors on the use of grammar and vocabularies are quite rare
3
Errors on the use of grammar and vocabularies are fair
2
Errors on the use of grammar and vocabularies are frequent
1
The use of grammar and vocabularies are somewhat intolerable
Performance
5
Very good (expression, attitude, and gesture)
4
Good (expression, attitude, and gesture)
3
Fairly good (expression, attitude, and gesture)
2
Poor (expression, attitude, and gesture)
1
Very poor (expression, attitude, and gesture)
Generic Structure

5
Complete and orderly text structure
4
Complete but not orderly text structure
3
Incomplete text structure
2
Incorrect text structure
1
No text structure

b.         Ketrampilan Tulis

ASPECT
SCORE
DESCRIPTION
Generic Structure
5
Complete and orderly text structure
4
Complete but not orderly text structure
3
Incomplete text structure
2
Incorrect text structure
1
Unstructured
Developing Ideas
5
Correct main idea, relevant supporting sentences
4
Nearly relevant main idea and supporting sentences
3
Less relevant main idea and supporting sentences
2
Irrelevant main idea and supporting sentences
1
No main idea
Accuracy (grammar and vocabulary)
5
Correct use of grammar and vocabulary
4
Nearly correct use of grammar vocabulary
3
Fairly correct use of grammar and vocabulary
2
Poor use of grammar and vocabulary
1
Incorrect use of grammar and vocabulary

Mechanics (punctuation, writing style)
5
Use of correct punctuation, good writing style
4
Nearly correct use of punctuation, good writing style
3
Fairly correct use of punctuation, fairly good writing style
2
Poor use of  punctuation, poor writing style
1
Incorrect use of punctuation, bad writing style







Komentar

Postingan populer dari blog ini

RPP SMA Kelas X materi lagu

RPP SMA Kelas X materi report text

RPP SMA Kelas X materi text recount