RPP SMA Kelas X materi Should+(simple), Should+(continous), Should+(perfect)



RencanaPelaksanaanPembelajaran
(RPP)


NamaSekolah                   : SMA NEGERI 1 MOJO
Mata Pelajaran                 : BAHASA dan SASTRA INGGRIS
Kelas/Semester               : X/GASAL
MateriPokok                     : Should+(simple),  Should+(continous),  Should+(perfect)             AlokasiWaktu                        : 4 JP ( 3 x 4 pertemuan )

A.        Kompetensi Inti/KI
Kompetensi Sikap Spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu, “Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotongroyong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif,dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”.
KI 3: menerapkan fungsisosial, struktur teks, dan unsure kebahasaan tek interaksi
Transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan member dan meminta
Informasi terkait keharusan melakukan suatu tindakan/kegiatan pada waktu yang
Akan datang, saat ini, atau waktu lampau, sesuai dengan konteks penggunaannya.
(Perhatikan unsure kebahasaan should+(simple),should+(continuous),
should+(perfect)
KI 4: menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan
Member dan meminta informasi terkait keharusan melakukan suatu
tindakan/kegiatan pada waktu yang akan datang, saat ini, atau waktu lampau,
dengan memperhatikan fungsi sosial,struktur teks, dan unsure kebahasaan yang
benar dan sesuai konteks

B.        Kompetensi Dasar/KD dan Indikator Pencapaian Kompetensi/IPK
KompetensiDasar
IndikatorPencapaianKompetensi
3.2
Menerapkan fungsisosial, struktur teks, dan unsure kebahasaan teks interaksi
transaksional lisan dantulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keharusan melakukan suatu tindakan/kegiatan pada waktuyang akan datang, saat ini, atauwaktu lampau, sesuai dengan konteks penggunaannya.
(Perhatikan unsure kebahasaan should+(simple),should+(continuous),
should+(perfect)

3.3.1  mengidentifikasi kalimat menggunakan modal “should” sesuai dengan fungsinyashould+simple,  should+continuous, should+perfect
3.3.2  mencontohkan kalimat dengan menggunakan modal “should”
3.3.3  mengklasifikasi kalimat dalam masing-masing kelompok
3.3.4 menerapkan pemakaian modal “should”
4.2
Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan member dan meminta informasi terkait keharusan melakukan suatu tindakan/kegiatan pada waktu yang akan datang, saat ini, atau waktu lampau, dengan
Memperhatikan fungsi sosial,struktur teks, dan unsure kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.3.1 menyusun kalimat menggunakan pemakaian modal “should+simple, should+continuous, should+perfect”
4.3.2  mempresentasikan hasil penyusunan kalimat

C.        Tujuan Pembelajaran
Melalui diskusi, Tanya jawab, penugasan, presentasi dan analisis, peserta didik dapat menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsure kebahasaan teks yang menggunakan should+(simple),should+(continuous),should+(perfect)
sehingga peserta didik dapat membuat dan menerapkan penggunaan modal “should” dalam kehidupan sehari-hari serta  mengembangkan sikap jujur, peduli, dan bertanggungjawab, serta dapat mengembangankan kemampuan berpikir kritis, berkomunikasi, berkolaborasi, berkreasi(4C).

D.       MateriPembelajaran
·           Faktual:
o   should+(simple),should+(continuous), should+(perfect)

·           Konseptual:
o   should+ (simple) yang digunakan untuk memberikan nasihat atau menyampaikan pendapat
Pattern :  should + V1

o   should+(continuous) yang digunakan untuk menunjukkan hal terbaik yang dilakukan atau apa yang seseorang harapkan
Pattern :  should + be + V-ing

o   should+(perfect)  yang digunakan saat sesuatu hal yang seharusnya dilakukan tetapi tidak dilakukan
Pattern :  should + have + V3

·           Prosedural:
o   menanda  pola kalimat
should+(simple),should+(continuous), should+(perfect)
o  fungsi sosial dan gramatikal “ should “
o  kalimat berpola “should” yang utuh dan bermakna

E.        Pendekatan/Model/MetodePembelajaran
Model Pembelajaran Discovery Learning dengan metode diskusi, tanyajawab, penugasan, dan presentasi

F.         Media/Alat dan Bahan Pembelajaran
1.         Media/Alat
·         Laptop
·         LCD
2.         Bahan Belajar
·           Unit KegiatanBelajar/UKB

G.        Sumber Belajar
Th.M.Sudarwati, Eudia Grace. 2014. Buku Siswa Pathway to EnglishX Peminatan.Penerbit Erlangga. Hal 59-60, 68-69

H.        Langkah-Langkah Pembelajaran
1.      Pendahuluan:
·           Menyiapkan kondisi peserta didik untuk mengikuti pembelajaran, seperti menanyakan kabar dan mengabsen peserta didik
·           Menanyakan kepada peserta didik terkait materi yang sudah dipelajari
·           Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai
·           Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan pembelajaran, memberikan orientasi terhadap materi yang akan dipelajari
·           Peserta didik dikelompokkan secara hiterogen

2.      KegiatanInti
·           Fase 1
(Memberi stimulus)
Ø  Peserta didik mengamati dan membaca contoh dialog yang menggunakan Modal  dengan should+simple, should+ continuous, should perfect

·           Fase 2
(Mengidentifikasi )
Ø  Pesertadidik mengidentifikasi pemakaian modal  “should+simple, should+continuous, should+ perfect ” .

·           Fase 3
(Mengumpulkan data)
Ø  Peserta didikmengelompokkan beberapa kalimat dengan pola should+simple, should+continuous, should+ perfect yang mereka temui dalam teks dialog yang ada di buku

·           Fase 4
(Mengolah data)
Ø  Peserta didik berlatih untuk membuat kaimat sesuai pemakaian modal ”should+simple, should+continuous, should+perfect”

·           Fase 5
(Memverifikasi)
Ø  Peserta didik saling mengecek hasil pembuatan kalimat  menurut  gramatikal dan fungsi sosial denganteman sebaya.

·           Fase6
(Menyimpulkan)
Ø  Peserta didik secara bergantian menyimpulkan  hasil belajar penggunaan Modal “ should”

3.      Penutup
·           Guru memberikan evaluasi pembelajaran yang terdapat pada UKB 1
·           Apabila evaluasi belum selesai dikerjakan, peserta didik dapat melanjutkan di rumah
·           Setelah selesai mengerjakan evaluasi tersebut, peserta didik diharapkan dapat menjawab rubric evaluasi diri pada UKB 1

I.          Penilaian Proses dan Hasil Pembelajaran
a.    Teknik Penilaian
·      Sikap                           : Observasi dan Jurnal
·      Pengetahuan           : TesTulis
·      Keterampilan          : UnjukKerja
b.    Bentuk Instrumen
·      Pengetahuan               : tes uraian (lampiran 1)
·      Keterampilan              : rubric unjuk kerja (lampiran 2)
·      Sikap pada mata pelajaran ini sebagai dampak setelah mempelajari materi Modal should+simple, should+ continuous, should perfect yang diamati melaui observasi terhadap sikap ekstrim positif dan esktrim negatif.
c.     Pembelajaran Remediasi dan Pengayaan
·      Pembelajaran remediasi dilakukan segera setelah kegiatan penilaian:
·      Pembelajaran remidiasi diberikan kepada siswa yang belum mencapai KKM (besaran angka hasil remedyasi disepakati dengan adanya “penanda” yaitu angka sama dengan KKM sekolah).
·      Pengayaan diberikan kepada siswa yang telah mencapai nilai KKM dalam bentuk pemberian tugas ke UKB berikutnya












Mengetahui,                                                                                      Mojo,               Juli 2018
Kepala SMAN 1 MOJO                                                                   Guru Mata Pelajaran



Drs. ARIS  SUSANTO, M. Pd                                                        TUTIK INDIAH, S. Pd
NIP. 19610402 198711 1 001                                                NIP. 19780603 200801 2 017




















Lampiran 1
InstrumenTes Pengetahuan dan Keterampilan

Read this text and then answer the question

Sanitation at Home
A home is a place where people cook, eat sleep and look after their children. It protects people from harsh weather – cold, rain, wind, the burning rays of the sun-as well as from insects, animals and other dangers, so a home is a very important place for people to live.
Sanitation at home is important. People can do a lot about improving some of their living conditions in which they live. They should refrigerate food properly or store it carefully to keep it away from bacteria, and they should not leave food lying around because it may attract insects and rats. To Avoid these pests, proper care of garbage is also very important.
Careful housekeeping is extremely important to sanitation and food health. People should keep all parts of the house neat and clean by sweeping and mopping them, such as bedroom, bathroom and kitchen. They should tidy up the bedroom, scrub bathroom and kitchen often, and use disinfectants freely. Sanitary condition of a house protects people from germs but health problems not caused by germs are a growing challenge in the field of sanitation today.

                1.  Why should we do the sanitation ?
                2.  If we don’t live in normal house like in the town. How  should we do the 
Sanitation
                3.  What should the government be doing to help their citizen in sanitation?

Grammar test
Complete these sentences with suitable usage of modal “should”
1.       You are sick, but you don’t come  hospital to see a doctor.You …. him soon. (visit)
2.       Chili’s prize is so expensive. The government  .... something about this case.  (do)
3.       My sister feels  stomache now. She ........ so much spicy food at the party. (eat)
4.       You ......  Japanese before you go there next year. (learn)
5.       I’m writing  a composition, and there is a word I don’t know how to spell it.
I ....... the dictionary . (open)
6.       Today Andi  is late again, He is never on time. I think, he ....... early. (wake)
7.       Laura ..... lemon juice, because she needs the fit body. (drink)
8.       The motorcycle’s speed limit is 40km per hour, but Tomi is driving at 80. He ...... over limit. ( drive)
9.       The man is coughing a lot. He ....... so much. (not-smoke)
10.   You ...... careful. It was an expensive Chinese percelain. (be)













Lampiran 2
RubrikPenilaianKeterampilan



No Soal
Aspek yang dinilai
RubrikPenilaian
Skor
SkorMaksimal
1
Keterampilandalam memahami penggunaan modal SHOULD
Benar
15
20
Salah
5
Tidakadajawaban
0
2
Keterampilandalammenentukanpenggunaan modal SHOULD
Benar
15
20
Salah
5
Tidakadajawaban
0
3
Keterampilandalammenyusunkalimatpenggunaan modal SHOULD
Benar
15
20
Salah
5
Tidakadajawaban
0
4
Keterampilandalammengkomunikasikanpenggunaan modal SHOULDmenyelesaikanpermasalahansertamemberikantafsiran
Benar
15
20
Salah
5
Tidakadajawaban
0













Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

RPP SMA Kelas X materi lagu

RPP SMA Kelas X materi report text

RPP SMA Kelas X materi text recount