RPP SMA Kelas X materi Provebs and Riddle


PEMERINTAH PROVINSI JAWA TIMUR
DINAS PENDIDIKAN
SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 7 KOTA KEDIRI
Jl.Penanggungan No. 4Telp.0354-771171, Fax: 0354-771171/ email: sman7kediri@yahoo.com
KEDIRI                                             KodePos. 64114




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)



















MATA PELAJARAN      :   BAHASA DAN SASTRA INGGRIS
KELAS/SEMESTER        :   X/1
MATERI POKOK            :  PROVERBS AND RIDDLES









Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
BIG-LM-3.9/4.9/2/9

Nama Sekolah : SMA NEGERI 7 KEDIRI
Mata Pelajaran            : BAHASA DAN SASTRA INGGRIS (LM)
Semester                    : 1
Materi Pokok               :  Provebs and Riddle
Alokasi Waktu            :  2 x 4jp

A.       Kompetensi Inti/KI
1.       Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.       Menghayati dan mengamalkan perilaku a. jujur, b. disiplin, c. santun, d. peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), e. bertanggung jawab, f. responsif, dan g. pro-aktif, dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan kawasan internasional.
3.         Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4.         Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan

B.        Kompetensi Dasar  dan Indikator Pencapaian Kompetensi

Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.9. Menafsirkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks khusus dalam bentuk proverb dan riddle, dengan memberi dan meminta informasi terkait kehidupan remaja sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.9 Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks khusus proverb dan riddle terkait kehidupan remaja

Menentukan fungsi sosial dan unsur kebahasaan teks lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait proverb dan riddle
Menjelaskan ciri-ciri Proverb dan riddle
Menentukan makna dan arti dari proveb dan riddle.


C.      TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui kegiatan pembelajaran dengan menggunakan metode diskusi dengan pendekatan saintifik, peserta didik dapat fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks khusus dalam bentuk proverb dan riddle, dengan memberi dan meminta informasi terkait kehidupan remaja sesuai dengan konteks penggunaannya dengan sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik
D.       MATERI PEMBELAJARAN
1.         Fakta               :  Proverb and Riddle
2.         Konsep            :  A Proverb is a short pithy saying in general use, stating a general truth or piece of advice.
A Riddle is a question or statement intentionally phrased so as to require ingenuity in ascertaining its answer or meaning, typically presented as a game.
3.         Prosedural        :  Peserta didik menjodohkan riddle dengan jawabannya.
Peserta didik menjawab pertanyaan tentang proverb dan riddle.


E. METODE PEMBELAJARAN
·         Pendekatan                           : Scientific Approach
·         Metode Pembelajaran            : Diskusi, Tanya Jawab
F. MEDIA PEMBELAJARAN
·         Alat dan Bahan                    : LCD Projector, Papan Tulis, Spidol
·         Media Belajar                     : Slide, Audio Recording, Video.
G. SUMBER BELAJAR                  : Modul Pembelajaran Bahasa dan Satra Inggris Mata Pelajaran Peminatan Ilmu  Bahasa dan Sastra. Penerbit : Viva Pakarindo. Halaman 47 - 61;
                                                         https://www.youtube.com/watch?v=BEoyUdt7OlQ
                                                     
H. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
PENDAHULUAN
·         Orientasi
§   Literasi membaca Al Qur’an untuk meningkatkan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.
§   Menyanyikan Lagu wajib Indonesia Raya untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air. (pada jam pertama)
§   Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
§   Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
§   Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.

Aperpepsi
Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
Pemberian Acuan
Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator pada pertemuan yang  berlangsung
Pembagian kelompok belajar

INTI
Stimulus:
§  Peserta didik diperlihatkan video pembelajran tentang proverb
§  Peserta didik mengamati video yang disajikan guru.
§  Peserta didik mulai berinteraksi dalam kelompok belajarnya untuk memulai belajar.
§  Peserta didik mencatat hal-hal yang ditemukan selama mengamati sajian guru.
·                  Problem statement:
§  Peserta didik mengindentifikasi masalah yang relevan dengan bahan yang disajikan guru.
§  Menjodohkan riddle dengan jawabannya.
§  Rumusan masalah dituangkan dalam bentuk pertanyaan.
§  Peserta didik merekap masalah yang dirumuskan.
§  Peserta didik mencoba membuat hipotesis (merupakan jawaban sementara)
·                  Data Collection:
§  Peserta didik mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya untuk membuktikan benar tidaknya hipotesisnya atau menjawab pertanyaannya.
§  Informasi dikumpulkan dari berbagai sumber yang relevan membaca buku wajib, melihat video dan browsing di internet.
§  Informasi yang dikumpulkan dicatat dalam buku rekaman.
·                  Data Processing:
§  Peserta didik mengolah semua data yang telah dikumpulkan diacak, dikalasifikasikan,
§  Verfication:
§  Peserta didik melakukan pemeriksaan secara cermat untuk membuktikan benar tidaknya hipotesis yang telah ditetapkan dengan temuan alternatif, dihubungkan dengan hasil data processing.
·                  Generalization:
Peserta didik membuat kesimpulan yang dapat dijadikan prinsip umum dan berlaku untuk semua kejadian atau masalah yang sama, dengan memperhatikan hasil verifikasi tentang conditional sentences.

PENUTUP
·         Mereview (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang teks proverb dan riddle.
·      Menyampaikan bahwa pada pertemuan yang akan datang, pada pertemuaan yang akan datang, mereka akan melanjutkan pada UKBM berikutnya.


I.     Penilaian Hasil Pembelajaran
1.       Sikap
-        Penilaian Observasi
Penilaian observasi berdasarkan pengamatan sikap dan perilaku peserta didik sehari-hari, baik terkait dalam proses pembelajaran maupun secara umum. Pengamatan langsung dilakukan oleh guru. Berikut contoh instrumen penilaian sikap

No
Nama Siswa
Aspek Perilaku yang Dinilai
Jumlah Skor
Skor Sikap
Kode Nilai
BS
JJ
TJ
DS
1
Aldian
75
75
78
75
303
75,75
B
2

...
...
...
...
...
...
...

Keterangan :
   BS : Bekerja Sama
   JJ : Jujur
   TJ : Tanggun Jawab
   DS : Disiplin

Catatan :
1.  Aspek perilaku dinilai dengan kriteria:
100        = Sangat Baik
75         = Baik
50          = Cukup
25          = Kurang
2.  Skor maksimal = jumlah sikap yang dinilai dikalikan jumlah kriteria = 100 x 4 = 400
3.  Skor sikap = jumlah skor dibagi jumlah sikap yang dinilai = 303 : 4 = 75,75
4.  Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00        = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00         = Baik (B)
25,01 – 50,00          = Cukup (C)
00,00 –  25,00         = Kurang (K)
5.  Format di atas dapat diubah sesuai dengan aspek perilaku yang ingin dinilai

-        Penilaian Diri
Seiring dengan bergesernya pusat pembelajaran dari guru kepada peserta didik, maka peserta didik diberikan kesempatan untuk menilai kemampuan dirinya sendiri. Namun agar penilaian tetap bersifat objektif, maka guru hendaknya menjelaskan terlebih dahulu tujuan dari penilaian diri ini, menentukan kompetensi yang akan dinilai, kemudian menentukan kriteria penilaian yang akan digunakan, dan merumuskan format penilaiannya Jadi, singkatnya format penilaiannya disiapkan oleh guru terlebih dahulu. Berikut Contoh format penilaian :

No
Pernyataan
Ya
Tidak
Jumlah Skor
Skor Sikap
Kode Nilai
1
Selama diskusi, saya ikut serta mengusulkan ide/gagasan.
50

250
62,50
C
2
Ketika kami berdiskusi, setiap anggota mendapatkan kesempatan untuk berbicara.

50
3
Saya ikut serta dalam membuat kesimpulan hasil diskusi kelompok.
50

4
...
100


Catatan :
1.  Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50
2.  Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan jumlah kriteria = 4 x 100 = 400
3.  Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal dikali 100) = (250 : 400) x 100 = 62,50
4.  Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00        = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00         = Baik (B)
25,01 – 50,00          = Cukup (C)
00,00 –  25,00         = Kurang (K)
5.  Format di atas dapat juga digunakan untuk menilai kompetensi pengetahuan dan keterampilan

-        Penilaian Teman Sebaya
Penilaian ini dilakukan dengan meminta peserta didik untuk menilai temannya sendiri. Sama halnya dengan penilaian hendaknya guru telah menjelaskan maksud dan tujuan penilaian, membuat kriteria penilaian, dan juga menentukan format penilaiannya. Berikut Contoh format penilaian teman sebaya

Nama yang diamati        : ...
Pengamat                      : ...

No
Pernyataan
Ya
Tidak
Jumlah Skor
Skor Sikap
Kode Nilai
1
Mau menerima pendapat teman.
100

450
90,00
SB
2
Memberikan solusi terhadap permasalahan.
100

3
Memaksakan pendapat sendiri kepada anggota kelompok.

100
4
Marah saat diberi kritik.
100

5
...

50

Catatan :
1.  Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50 untuk pernyataan yang positif, sedangkan untuk pernyataan yang negatif, Ya = 50 dan Tidak = 100
2.  Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan jumlah kriteria = 5 x 100 = 500
3.  Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal dikali 100) = (450 : 500) x 100 = 90,00
4.  Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00        = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00         = Baik (B)
25,01 – 50,00          = Cukup (C)
00,00 –  25,00         = Kurang (K)

-        Penilaian Jurnal (Lihat lampiran)

2.       Penilaian Pengetahuan  (Pada Evaluasi)
Jawaban Betul x 20
3

 




Skor maks= 100

Skor Penilaian
No.
Huruf
Rentang angka
1.
Sangat Baik (A)
86-100
2.
Baik (B)
71-85
3.
Cukup (C)
56-70
4.
Kurang (D)
≤ 55


3.       Pengayaan
Bagi peserta didik yang telah mencapai target pembelajaran sebelum waktu yang telah dialokasikan berakhir, perlu diberikan kegiatan pengayaan.


4.       Remedial
Bagi peserta didik yang belum mencapai target pembelajaran pada waktu yang telah dialokasikan, perlu diberikan kegiatan remedial


                                                                                           

Mengetahui                                                                        Kediri, 1 November 2018
Kepala SMAN 7 Kediri                                                       Guru Mata Pelajaran



Dra. Hj. Sri Yulistiani, M.Si                                                Ana Dwi Sulistyowati, S.Pd.
NIP. 19600725 198603 2 010                                              NIP. 19750303 200604 2 031




Komentar

Postingan populer dari blog ini

RPP SMA Kelas X materi lagu

RPP SMA Kelas X materi report text

RPP SMA Kelas X materi text recount