RPP SMA Kelas X materi lagu


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
BIG-LM-3.10/4.10/2/10

Nama Sekolah                  : SMA Negeri 3 Kediri
Mata Pelajaran                 : Bahasa dan Sastra Inggris
Kelas/Semester               : X/2
Materi Pokok                    : Lagu
Alokasi Waktu                  : 6 X 45 Menit (2 Pertemuan)

A.        Kompetensi Inti
KI 1/KI 2
Kompetensi Sikap Spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu, “Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”.
KI 3 :
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya  tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4 :
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.        Kompetensi Dasar/KD dan Indikator Pencapaian Kompetensi/IPK
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.10 Menafsirkan fungsi sosial dan unsur kebahasaan lirik lagu terkait kehidupan remaja SMA/MA/SMK/MAK 


3.10.1 Melengkapi lirik lagu rumpang yang didengar
3.10.2 Menjawab pertanyaan tentang lagu yang didengar
3.10.3 Melengkapi kalimat rumpang dengan kosakata dari lagu telah dipelajari
4.10 Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial dan unsur kebahasaan lirik lagu terkait kehidupan remaja SMA/MA/SMK/MAK

4.10.1 Memparafrasekan kalimat dari lagu yang didengar
4.10.2 Memodifikasi lagu pilihan agar liriknya bertema sama dengan lagu yang telah dipelajari

C.        Tujuan Pembelajaran
Melalui diskusi, tanya jawab, penugasan, presentasi dan analisis, peserta didik dapat menafsirkan fungsi sosial dan unsur kebahasaan lirik lagu terkait kehidupan remaja SMA/MA/SMK/MAK dan menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial dan unsur kebahasaan lirik lagu terkait kehidupan remaja SMA/MA/SMK/MAK, sehingga peserta didik dapat menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya, mengembangkan sikap jujur, peduli, dan bertanggungjawab, serta dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis, berkomunikasi, berkolaborasi, berkreasi(4C).

D.       Materi Pembelajaran
·           Faktual: Lagu terkait kehidupan remaja SMA/MA/SMK/MAK
·           Konseptual:
o  Definisi : Lagu adalah potongan musik singkat/pendek dengan kata-kata yang Anda nyanyikan, contohnya:
“You’ve Got A Friend”
When you’re down and troubled
And you need a helping hand
And nothing, nothing is going right
Close your eyes and think of me
And soon I will be there
To brighten up even your darkest night

You just call out my name
And you know wherever I am
I’ll come running to see you again
Winter, spring, summer or fall
All you have to do is call
And I’ll be there, yeah, yeah, yeah.
You’ve got a friend

If the sky above you
Should turn dark and full of clouds
And that old north wind should begin to blow
Keep your head together
And call my name out loud yeah
Soon I’ll be knocking upon your door

You just call out my name
And you know wherever I am
I’ll come running oh yes I will
To see you again
Winter, spring, summer or fall
All you have to do is call
And I’ll be there, yeah, yeah, yeah.

Ain’t it good to know that you’ve got a friend
When people can be so cold
They’ll hurt you, and desert you
And take your soul if you let them
Oh yeah, but don’t you let them

You just call out my name
And you know wherever I am
I’ll come running to see you again
Winter, spring, summer or fall
All you have to do is call
And I’ll be there, yes I will.
You’ve got a friend

You just call out my name
And you know wherever I am
I’ll come running to see you again (oh baby don’t you know)
Winter, spring, summer or fall
All you have to do is call
Lord, I’ll be there yes I will.
You’ve got a friend

Oh, you’ve got a friend
Ain’t it good to know you’ve got a friend
Ain’t it good to know you’ve got a friend
You’ve got a friend.


o  Fungsi sosial :
Menghibur, mengungkapkan perasaan, mengajarkan pesan moral

o  Unsur kebahasaan  :
(1)     Kata, ungkapan, dan tata bahasa dalam karya seni berbentuk lagu.
-        Gambaran digunakan untuk mendeskripsikan perasaan dan emosi, misalnya “When people can be so cold”.
-        Ritme digunakan untuk menciptakan mood/atmosfer lagu.
-        Pengalaman yang kadangkala diceritakan menggunakan majas, contohnya “And you need a helping hand”.
(2)     Ejaan dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
(3)     Ucapan, tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan
o  Topik
Keteladanan tentang perilaku yang menginspirasi.
·           Prosedural:
o  Struktur teks :
(1) Verse (bait) adalah bagian utama sebuah lagu yang menceritakan sebuah cerita.
(2) Refrain/chorus adalah sebuah bagian dari lagu yang diulang. Ritme bagian ini berbeda dengan ritme bagian bait.
(3) Coda adalah satu kalimat/baris yang menutup sebuah lagu.

E.        Pendekatan/Model/Metode Pembelajaran
Model Pembelajaran pendekatan saintifik dengan metode diskusi, tanya jawab, penugasan, dan presentasi

F.         Media/Alat dan Bahan Pembelajaran
1.         Media/Alat
·         Laptop
·         LCD
·         Loudspeaker/pengeras suara
2.         Bahan Belajar
·           Unit Kegiatan Belajar/UKB

G.        Sumber Belajar
1. Utami Widiati, Zuliati Rohmah, dan Furaidah. 2016. Buku Siswa Bahasa Inggris SMA/SMK, MA/MAK Kelas X Wajib. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
2. Th. M. Sudarwati dan Eudia Grace. 2014. Pathway to English General Program for Senior High School Grade X.

H.        Langkah-Langkah Pembelajaran
1.      Pendahuluan: (10 menit)
  • Menyiapkan kondisi peserta didik untuk mengikuti pembelajaran, seperti menanyakan kabar dan mengabsen peserta didik
  • Menanyakan kepada peserta didik terkait materi yang sudah dipelajari
  • Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai
  • Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan pembelajaran, memberikan orientasi terhadap materi yang akan dipelajari.

2.      Kegiatan Inti (70 Menit)
  • Mengamati dan menanya (30 menit)
Ø  Peserta didik diminta bekerja berpasangan dan mendeskripsikan gambar dengan menuliskan kata kata  kedalam daftar kata.
  • Mengumpulkan informasi (20 menit)
Ø  Peserta didik diminta mendiskusikan hasil pekerjaan mereka.
Ø  Peserta didik melengkapi huruf kosakata yang berumpang dan mendiskusikannya dengan teman sebangkunya.
·      Mengasosiasikan (20 menit)
Ø  Peserta didik  mengecek hasil pengisian rumpang. dan mendiskusikan hasil pekerjaannya dengan guru.
Ø  Peserta didik mendiskusikan arti kata yang mereka lengkapi.

3.       Penutup (10 menit)
  • Guru memberikan evaluasi pembelajaran yang terdapat pada kegiatan 1 pada kelompok heterogen yang sudah selesai mengerjakan
  • Apabila kegiatan belajar 1 belum selesai dikerjakan, peserta didik dapat melanjutkan di rumah.

Pertemuan 2 (2 JP)
·      Menyiapkan kondisi peserta didik untuk mengikuti pembelajaran, seperti menanyakan kabar dan mengabsen peserta didik
·      Menanyakan kepada peserta didik terkait materi yang sudah dipelajari
·      Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai
·      Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan pembelajaran, memberikan orientasi terhadap materi yang akan dipelajari.

5.    Kegiatan Inti
·      Mengamati dan menanya (20 menit)
Ø Peserta didik diminta bekerja berpasangan dan diberi lirik lagu rumpang ‘You’ve Got a Friend’.
Ø Peserta didik diminta menyimak lagu tersebut di link http://mp3skull.com/mp3/you_ve_got_a_friend_james_taylor.html atau https://www.youtube.com/watch?v=3WJ1cf3nrLE dan melengkapi lirik rumpang.
Ø Peserta didik dimotivasi untuk bertanya tentang definisi lagu dan struktur lagu.
·      Mengumpulkan informasi (20 menit)
Ø Peserta didik melakukan diskusi kegiatan belajar 1
Ø Mengasosiasikan (20 menit)
Ø Kelompok peserta didik yang selesai mengerjakan kegiatan belajar 1, mendiskusikan hasil pekerjaannya dengan guru.

6.    Penutup (10 menit)
·      Guru memberikan evaluasi pembelajaran yang terdapat pada kegiatan 1 pada kelompok heterogen yang sudah selesai mengerjakan kegiatan belajar 1.
·      Apabila kegiatan belajar 1 belum selesai dikerjakan, peserta didik dapat melanjutkan di rumah.





Pertemuan  3 (2 JP)
1.      Pendahuluan:
·      Menyiapkan kondisi peserta didik untuk mengikuti pembelajaran, seperti menanyakan kabar dan mengabsen peserta didik
·      Menanyakan kepada peserta didik terkait materi yang sudah dipelajari
·      Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai
·      Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan pembelajaran, memberikan orientasi terhadap materi yang akan dipelajari.
·      Peserta didik dikelompokkan secara heterogen.

2.      Kegiatan Inti
·      Mengamati dan menanya
Ø Peserta didik membaca contoh analisis lirik lagu ‘That’s what friends are for’ di kegiatan belajar 1 dan menanyakan hal-hal yang ingin diketahui lebih lanjut.
·      Mengasosiasikan
Ø Peserta didik melakukan diskusi kegiatan belajar 2
·      Mengkomunikasikan
Ø Peserta didik unjuk kerja membaca puisi karangan hasil kerja dari tugas 2 kegiatan belajar 2.

3.      Penutup
·         Guru memberikan evaluasi pembelajaran yang terdapat pada UKB 1
·         Apabila evaluasi belum selesai dikerjakan, peserta didik dapat melanjutkan di rumah
·         Setelah selesai mengerjakan evaluasi tersebut, peserta didik diharapkan dapat menjawab rubrik evaluasi diri pada UKB 1

I.          Penilaian Proses dan Hasil Pembelajaran
a.    Teknik Penilaian
·         Sikap                     : Observasi dan Jurnal
·         Pengetahuan     : Tes Tulis
·         Keterampilan    : Unjuk Kerja
b.    Bentuk Instrumen
·         Pengetahuan     : tes uraian (lampiran 1)
·         Keterampilan    : rubrik unjuk kerja (lampiran 2)
·         Sikap pada mata pelajaran ini sebagai dampak setelah mempelajari materi lagu yang terkait kehidupan remaja SMA/MA/SMK/MAK yang diamati melaui observasi terhadap sikap ekstrim positif dan esktrim negatif.
c.     Pembelajaran Remediasi dan Pengayaan
·         Pembelajaran remediasi dilakukan segera setelah kegiatan penilaian:
·         Pembelajaran remidiasi diberikan kepada siswa yang belum mencapai KKM (besaran angka hasil remediasi disepakati dengan adanya “penanda” yaitu angka sama dengan KKM sekolah).
·         Pengayaan diberikan kepada siswa yang telah mencapai nilai KKM dalam bentuk pemberian tugas ke UKB berikutnya




           Mengetahui                                                     Kediri , 2 Januari 2018
Kepala SMA Negeri 3 Kediri                                       Guru Mata Pelajaran




Dra. Hj. Sri Yulistiani, M.Si.                                    FX. Bujung NS, S.Pd
NIP. 19600725 198603 2 010                              NIP. 19710628 199802 1 005

Lampiran 1
                                               
Soal Pengetahuan

1. Listen to the song and complete the text. (BTP Hal 196-197)
2. Answer the following questions based on the text. (BTP Hal 198)
3. Complete the sentences using words taken from the text. (BTP Hal198-199)

Soal Ketrampilan

1. Paraphrase the text using your own words. (BTP Hal 199-200)
2. Create your own song or poem  based on the topics given. (BTP Hal 201-202)






Lampiran 2

Rubrik Penilaian

Pengetahuan
2. Informasi benar, Bahasa kurang benar: Nilai 8
3. Informasi kurang benar, Bahasa benar: Nilai 6
4. Informasi kurang benar, Bahasa kurang benar: Nilai 4
5. Informasi, maupu Bahasa tidak jelas : Nilai 2

Ketrampilan
1. Informasi benar, Bahasa  benar: Nilai 10
2. Informasi benar, Bahasa kurang benar: Nilai 8
3. Informasi kurang benar, Bahasa benar: Nilai 6
4. Informasi kurang benar, Bahasa kurang benar: Nilai 4
5. Informasi, maupu Bahasa tidak jelas : Nilai 2















                               

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RPP SMA Kelas X materi report text

RPP SMA Kelas X materi text recount