RPP SMA Kelas X materi Too and Enought
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
BIG-LM-3.6/4.6/2/6
Nama Sekolah : SMAN
3 Kediri
Mata Pelajaran : Bahasa
Inggris (Lintas Minat)
Kelas/Semester : X/Genap
Materi Pokok : Too
and Enough
Alokasi Waktu : 6 JP (3x
pertemuan)
A. Kompetensi
Inti/KI
Rumusan
Kompetensi Sikap Spiritual adalah “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial adalah “Menunjukkan perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja
sama, toleran, damai),
santun, responsif, dan
pro-aktif dan menunjukkan sikap
sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”.
KI 3:
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
KI 4:
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan
mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi
Dasar/KD dan Indikator Pencapaian Kompetensi/IPK
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
|
3.6 Menerapkan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional
lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi
terkait kecukupan untuk dapat/tidak dapat melakukan/menjadi sesuatu, sesuai
dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan too ... to ..., ... enough to...)
|
3.6.1 Mengidentifikasi fungsi
sosial,struktur teks, dan unsur kebahasaan dari beberapa teks recount lisan
dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait
keadaan/ tindakan/ kegiatan /kejadian yang dilakukan/ terjadi di waktu
lampauyang merujuk waktu terjadinya dan sesudahanya, sesuai dengan konteks
penggunaan nya.
3.6.2 Memprediksi fungsi
sosial,struktur teks, dan unsur kebahasaan dari beberapa teks recount lisan
dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait
keadaan/ tindakan/ kegiatan /kejadian yang dilakukan/ terjadi di waktu
lampauyang merujuk waktu terjadinya dan sesudahanya, sesuai dengan konteks
penggunaan nya.
3.6.3 menggunakan fungsi
sosial,struktur teks, dan unsur kebahasaan dari beberapa teks recount lisan
dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait
keadaan/ tindakan/ kegiatan /kejadian yang dilakukan/ terjadi di waktu
lampauyang merujuk waktu terjadinya dan sesudahanya, sesuai dengan konteks
penggunaan nya.
|
|
4.6 Menyusun teks
interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan
meminta informasi terkait kecukupan untuk dapat/tidak dapat melakukan/menjadi
sesuatu, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
4.6.1 Mengumpulkan informasi
tentang teks transaksional ,lisan dan tulis,pendek dan sederhana.
4.6.2 Menyusun teks transaksional
,lisan dan tulis,pendek dan sederhana yang telah dibuat.
4.6.3 Mempresentasikan teks transaksional ,lisan dan
tulis,pendek dan sederhana.
|
B.
Tujuan
Pembelajaran
Siswa diharapkan mampu mengidentifikasi makna,fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan
dari teks transaksional sederhana tentang kejadian yang terjadi di waktu lampau
yang merujuk waktu terjadinya dan kesudahannya, sesuai dengan konteks
penggunaannya. Menjelaskan isi teks yang menceritakan too hot,too cold dengan benar dengan memperhatikan tujuan
komunikasi,struktur teks, dan unsur kebahasaan teks transactional sesuai konteks penggunaan. Memberi informasi tentang pengalaman pribadi secara lisan dan tulis dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks
transaksional sesuai konteks.
C.
Materi
Pembelajaran
·
Faktual:
o Ungkapan
untuk memaparkan sesuatu sesuai dengan ukurannya
·
Konseptual:
"Too" dan "Enough" adalah kata -kata yang termasuk
dalam golongan Adverbs of degree. Both of them have function in expressing
sufficiency.
·
Prosedural (Unsur kebahasaan)
TOO –
there is a problem with quantity or size of something. Usually it shows
negative opinion.
ü Too +
Adjectives, Example: this ladder is too
short.
ü Too +
much/little+ uncountable noun, Example: This coffee is too much/little sugar.
ü Too +
many/few + countable noun, Example: This room has too many/ few books.
ü Too +
adverbs, Example: Your question is too difficult.
ü Verbs +
too much/little (seldom, although it’s possible to use like this), Example:
I’ve wrote too much.
ENOUGH–
indicates that quantity or size of something is suitable or appropriate.
ü Adjectives
+ Enough, Example: This shirt is cheap enough.
ü Enough
+ Nouns (countable or uncountable), Example: There is enough sugar here.
ü Adverbs
+ Enough, Example: That person walk slowly enough.
ü Verbs +
Enough, Example: I have read enough.
NOT
ENOUGH (Negation of Enough) – the
quantity is insufficient (the function is same to ‘too’, but how to use it is
difference)
ü Not + Adjective +
Enough, Example: Lono is not tall enough.
ü Not + Verbs + Enough +
Nouns, Example: She has not enough money.
ü Not + Verbs + Adverbs of
manner + Enough,
Example: My friend
does not eat slowly enough.
ü Not + Verbs + Enough,
Example: I have not read enough.
D.
Pendekatan/Model/Metode
Pembelajaran
Discovery
Learning
E.
Media/Alat
dan Bahan Pembelajaran
1.
Media/Alat
·
Laptop
·
LCD
·
Power Point Presentation
berisi materi ‘too’ dan ‘enough’
·
kertas A5 untuk menulis
‘TOO’ dan ‘ENOUGH’
·
Lembar Kerja Siswa
·
Lembar instruksi
permainan ‘SHOW YOUR CHOICE’
2.
Bahan Belajar
·
Unit
Kegiatan Belajar/UKB
F.
Sumber
Belajar
Internet
G.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
Pertemuan 1
1.
Pendahluan:
·
Menyiapkan kondisi peserta didik untuk
mengikuti pembelajaran, seperti menanyakan kabar dan mengabsen peserta didik
·
Menanyakan kepada peserta didik terkait
materi yang akan dipelajari.
·
Menjelaskan tujuan pembelajaran atau
kompetensi dasar yang akan dicapai
·
Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan
uraian kegiatan pembelajaran, memberikan orientasi terhadap materi yang akan
dipelajari dengan menunjukkan dua gambar yang berisi opini (mengandung kata too
dan enough) dan meminta para siswa untuk menanggapi gambar tersebut.
2.
Kegiatan
Inti
·
Fase 1
(Orientasi peserta didik kepada masalah)
a.
Peserta Didik mendengarkan arahan guru
mengenai kegiatan yang akan di lakukan
b.
Peserta didik dibagi secara berpasangan
dan di minta untuk mendiskusikan mengenai perbandingan antara penggunaan too
and enough berdasarkan gambar
c.
Guru mengecek pemahaman peserta didik
dengan memberi pertanyaan- pertanyaan seperti:
Ø How is tom’s sweater?
Ø Is
tom’s sweater too big?
d.
Dengan panduan guru peserta didik mencoba
mengerjakan soal rumpang yang telah di sediakan pada layer power point
e.
Setelah itu siswa di minta secara
berkelompok mendiskusikan hasil jawaban mereka Bersama sama.
f.
Setelah semua selesai, salah satu anggota
kelompok di tunjuk secara bergiliran untuk mengisi jawaban di papan kelas
g.
Guru mengecek jawaban dan pemahaman
peserta didik tentang kalimat yang tertulis di papan.
·
Fase 2
(Mengorganisasikan peserta didik)
a.
Masih bersama kelompoknya, masing – masing
kelompok diberikan 3 buah kata yang harus di kembangkan menjadi sebuah kalimat
yang mengandung too atau enough.
b.
Perwakilan dari masing masing kelompok
peserta didik diminta membacakan membaca
jawaban mereka masing – masing dan kelompok lain diminta mengoreksi kalimat
tersebut
c.
Guru memberi contoh cara mengidentifikasi
kalimat yang mengandung too atau enough
d.
Siswa mengidentifikasi ide pokok dan
menuliskan jawaban yang sudah di koreksi dari kelompok lainnya
3.
Kegiatan
Penutup (10 menit)
a. memberikan
panduan untuk menyimpulkan hasil pembelajaran
b. meminta
siswa menyampaikan pendapat megenai apa yang telah dilakukan hari ini
Pertemuan
2 (2x45 menit)
1.
Kegiatan
awal/Pendahuluan (15 menit)
a.
Menyiapkan Peserta didik secara psikis dan
fisik untuk mengikuti proses pembelajaran (berdoa, mengecek kehadiran siswa).
b.
Mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang materi yang sudah dipelajari dan
terkait dengan materi yang akan dipelajari
c.
Menyampaikan garis besar materi dan
penjelasan tentang kegiatan yang akan dilakukan peserta didik untuk
menyelesaikan masalah atau tugas (guru menyampaikan pokok-pokok materi)
d.
Mengantarkan anak didik pada suatu
permasalahan/tugas yang akan dilakukan untuk mempelajari materi dan menjelaskan
tujuan pembelajaran/KD yang akan dicapai (guru melakukan tanya jawab terkait
tugas yang telah diberikan pada minggu sebelumnya).
2.
Kegiatan
Inti (65 menit)
·
Fase 3
(Membimbing penyelidikan individu dan
kelompok)
Menanya (Questioning)
a.
Guru membagi kelas menjadi 4 kelompok
besar
b.
Setiap siswa di minta mempersiapkan satu
lembar kertas. Kemudian menuliskan kata too pada bagian depan kertas, dan
enough pada sisi lainnya
c.
Guru menjelaskan tat acara bermain dalam
kegiatan tersebut.
d.
setiap slide yang muncul akan mengandung
kalimat rumpang. Para siswa harus menjawab bagian rumpang tersebut dengan
mengangkat kertas bertuliskan too atau enough
e.
kelompok yang menjawab paling banyak
benar. Maka akan menjadi pemenang dalam kegiatan ini.
·
Fase 4
(mengembangkan dan menyajikan hasil karya)
a.
Peserta didik mereview kembali penggunaan
kata too dan enough
b.
Peserta didik diminta menganalisa stuktur
yang ada pada Too and enough
c.
Dengan bimbingan guru peserta didik
mendiskusikan hasil pekerjaannya dengan teman terdekat (pair work), dilanjutkan
dengan struktur teks secara klasikal.
d.
Peserta didik mengidentifikasi stuktur
yang mereka temukan dalam pengerjaan
3.
Kegiatan
Penutup (10 menit)
a.
memberikan panduan untuk menyimpulkan
hasil pembelajaran
b.
meminta siswa menyampaikan pendapat
Pertemuan
3 (2x45 menit)
1.
Kegiatan
awal/Pendahuluan (15 menit)
a.
Menyiapkan Peserta didik secara psikis dan
fisik untuk mrngikuti proses pembelajaran (berdoa, mengecek kehadiran siswa).
b.
Mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang materi yang sudah dipelajari.
c.
Menyampaikan kriteria penilaian berbicara
dan menulis tentang too and enough
2.
Kegiatan
Inti (65 menit)
·
Fase 4
(mengembangkan dan menyajikan hasil karya)
a.
Peserta didik di minta untuk membuat sebuah dialogue berisi kata too dan
enough secara berpasangan
·
Fase 5
(menganalisa dan mengevaluasi proses
pemecahan masalah)
a. Para
siswa di minta maju ke depan kelas untuk membacakan hasil diskusinya dan
mempresentasikan isi yang ada pada dialogue tersebut.
3.
Kegiatan
Penutup (10 menit)
a.
memberikan panduan untuk menyimpulkan
hasil pembelajaran
b.
meminta siswa menyampaikan pendapat
c.
menyimpulkan pembelajaran
H.
Penilaian
Proses dan Hasil Pembelajaran
1.
Teknik
Penilaian
1. Kompetensi
Sikap Spiritual
a. Teknik penilaian : Observasi dan Penilaian Diri
b. Bentuk Instrumen : Lembar observasi dan Lembar Penilaian Diri
c. Kisi-Kisi :
|
No
|
Butir
Nilai
|
Indikator
|
Jumlah
Butir Instrumen
|
|
1
|
Bersyukur
|
Mengikuti
pelajaran Bahasa Inggris dengan baik.
|
1
|
|
Serius
dalam melaksanakan kegiatan pada pembelajaran Bahasa Inggris
|
1
|
||
|
|
|
Jumlah
|
2
|
d. Instrumen :
Lihat lampiran 1
e. Petunjuk
Penentuan Skor : Lihat lampiran 3
2. Kompetensi
Sikap Sosial
a. Teknik penilaian : Observasi dan Penilaian Diri
b. Bentuk Instrumen : Lembar observasi dan Lembar Penilaian Diri
c. Kisi-Kisi
|
No
|
Butir
Nilai
|
Indikator
|
Jumlah
Butir Instrumen
|
|
1
|
Kerjasama
|
Bekerjasama dengan baik dengan
guru dan teman serta mempunyai rasa tanggung jawab selama kegiatan
pembelajaran.
|
1
|
|
2
|
Tanggung
Jawab
|
1
|
|
|
|
|
Jumlah
|
2
|
d. Instrumen :
Lihat lampiran 2
e. Petunjuk
Penentuan Skor : Lihat lampiran 3
3. Kompetensi
Pengetahuan
a. Teknik penilaian : Tes Tulis
b. Bentuk Instrumen : Menulis kalimat
c. Kisi-Kisi
|
No
|
Indikator
|
Nomor Butir Soal
|
|
1
|
Membuat kalimat
dengan menggunakan kata ‘Too’ dan ‘Enough’ berdasarkan setiap jenis struktur
bahasa yang ada.
|
13
|
|
|
Jumlah
|
13
|
Perhitungan
Skor
Skor = Jumlah
Benar x 100
Skor Maksimal
Contoh
:
Skor = 12 x 100 = 92,3
13
Mengetahui Kediri
, 2018
Kepala SMA
...................... Guru
Mata Pelajaran
......................................... ...........................................
NIP. NIP.
Komentar
Posting Komentar