RPP SMA KELAS X Teks khusus dalam bentuk formulir isian

                                         RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN  

Satuan Pendidikan   : SMAN 1 Pare
Mata Pelajaran         : Bahasa Inggris (PEMINATAN)
Kelas / Semester        : X / 1
Topik                          Teks khusus dalam bentuk formulir isian
Alokasi Waktu          : 6 x 45 menit (2 x pertemuan)

 

A.    KOMPETENSI INTI
KI 1.   Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2.    Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3.    Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI  4.  Mengolah, menalar,  dan menyaji  dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu  menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.     KOMPETENSI DASAR
1.1      Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantarkomunikasi internasional.
2.1         Menghargai perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi antar pribadi  dengan guru dan teman.
2.2           Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
2.3           Menunjukkan  perilaku  tanggung  jawab peduli, kerjasama dan cinta damai dalam  melaksanakan komunikasi fungsional.
3.1       Membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk formulir isian yang digunakan di perusahaan/ bank/instansi lain, dengan memberi dan meminta informasi terkait jati diri dan informasi yang relevan, sesuai dengan konteks penggunaannya.

INDIKATOR
3.1.1  Membedakan fungsi sosial dari teks khusus dalam bentuk formulir isian kegiatan di buku dan media massa.
3.1.2  Membedakan struktur teks khusus dalam bentuk formulir isian kegiatan di buku dan media massa.
3.1.3  Membedakan unsur kebahasaan dari teks khusus dalam bentuk formulir isian kegiatan di buku dan media massa.
3.1.4        Membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks khusus dalam bentuk formulir isian, sesuai dengan konteks penggunaannya dengan tepat dan baik.
4.2      Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks khusus dalam bentuk formulir isian yang digunakan di perusahaan/bank/instansi lain, terkait jati diri dan informasi yang relevan. (C4)

INDIKATOR
4.1.1 Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks khusus dalam bentuk formulir isian lisan dan tulis, dengan memberi dan meminta informasi terkait teknologi yang tercakup dalam mata pelajaran lain di Kelas X sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.1.2 Menyusun teks khusus dalam bentuk formulir isian lisan dan tulis, dalam bentuk biografi, terkait tokoh terkenal, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks. (C5)
4.1.3        Menyusun teks khusus dalam bentuk formulir isian percakapan sederhana tentang tindakan memberi dan meminta informasi terkait kecukupan untuk dapat/tidak dapat melakukan/menjadi sesuatu, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur teks khusus dalam bentuk formulir isian). (C5)
4.1.4     Mempraktikkan ucapan tentang tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri dan informasi yang relevan, sesuai dengan konteks penggunaannya.(C5)

C.    TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah proses menggali informasi melalui berbagai fakta, menanya konsep, berdiskusi, menginterprestasi, mengasosiasi, dan mengomunikasikan, siswa dapat :
4.1.1.      Membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa Teks khusus dalam bentuk formulir isian lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait teknologi yang tercakup dalam mata pelajaran lain di Kelas X.
4.1.2.      Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan Teks khusus dalam bentuk formulir isian t lisan dan tulis terkait teknologi yang tercakup dalam mata pelajaran lain di Kelas X.
4.1.3.      Menyusun Teks khusus dalam bentuk formulir isian lisan dan tulis, pendek dan sederhana, terkait peristiwa bersejarah dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahsaan, secara benar dan sesuai konteks.
4.8.1    Membuat teks sederhana tentang kecukupan untuk memberi dan meminta informasi terkait jati diri dan informasi yang relevan yang telah dipelajari dengan benar.

D.      MATERI PEMBELAJARAN
1.      Fakta  : Teks khusus dalam bentuk formulir isian (Teknologi terkait dengan mata pelajaran lain di Kelas X, yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat dalam KI).

Look at the picture below.
Sources: id-card-application-form-id-card-application-form-id-card-application-form-malta-identity-card-application-form-kerala-identification-card-application

2.         Konsep :
ü   Ungkapan dan kosa kata yang lazim digunakan formulir isian yang digunakan di perusahaan, bank, dan instansi lainnya.
ü   Pola pertanyaan yang lazim dalam formulir isian.
ü   Kata kerja dalam bentuk past tense, simple present tense, dan future untuk mengisi formulir isian tentang pengalaman masa lalu, sekarang, dan yang akan dilakukan.
ü   Penggunaan nominal singular dan plural secara tepat, dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dan sebagainya dalam frasa nominal
ü   Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan

3.         Prinsip :
ü   Informasi yang digunakan di perusahaan, bank, dan instansi lainnya.
ü   Informasi rinci dan informasi tertentu dari formulir isian yang digunakan di perusahaan, bank, dan instansi lainnya

4.         Prosedur :
ü   Memberikan data dan informasi yang tepat dan pada tempat yang tepat


E.     METODE PEMBELAJARAN
Pertemuan 1         : Discovery Learning (Think Pair and Share)
Pertemuan 2         : Problem based learning (discussion)

F.   MEDIA, ALAT &PEMBELAJARAN
a.         Media :
·      Lembar Kerja Siswa.
·      Buku Paket
·      Buku PR siswa

b.         Alat  :
·      Spidol
·      Lap top
·      Papan tulis
c.          Sources
·         Ira Wijayanti, Nitya jwalita, Kristin Ambarwati & Mariyana. 2016. Be Smart in English 1 for grade X senior High Schools. Solo:PT Wangsa Jatra Lestari

G.      KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan 1
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
·     Guru menyapa siswa
ü  Good morning/ good afternoon everyone
ü  Good morning/ good afternoon class
·     Guru menayatakan kabar
ü  How are you today?
ü  Have you breakfast/eaten?
·      Menyampaikan kompetensi (cakupan materi) dan rencana kegiatan
·      Memeriksa kehadiran peserta didik dan menulis kegiatan apa yang dilakukan hari ini di jurnal.
·      Menyiapkan LCD dan laptop
·      Menjelaskan kepada peserta didik tentang apa yang akan dipelajari hari ini.
15 menit
Inti
a.       Stimulation
·         Siswa disajikan gambar yang ada di buku materi Teks khusus dalam bentuk formulir isian.
·         Siswa di minta mengamati formulir yang di sajikan oleh guru.
·         Siswa ditunjukkan contoh2 kalimat yang berkaitan dengan materi.
  1. Problem Statement
·            Siswa diminta mengisi formulir room reservasion..
·            Siswa membuat conversation tentang formulir room reservation
·            Siswa diminta maju kedepan.
  1. Data Collecting
·            Siswa di minta untuk berpasangan hiterogen dengan teman sebangku
·            Siswa diminta untuk membuat conversation tentang room reservation.
  1. Data Processing
·            Siswa diminta saling bertanya tentang materi yang disajikan.
·           Salah satu dar siswa ada yang menjadi customer dan satu lagi menjadi officer/office.
  1. Verification
·            Siswa berdiskusi tentang materi yang sedang di bahas.
f.        Mengkomunikasikan
·            Setelah selesai membuat diskusi tentang conversation yang dibuat siswa, siswa berpasangan maju kedepan dan membacakan hasil diskusinya.
105 menit

Penutup
·         Siswa menunjukkan hasil karyanya kepada guru.
·         Siswa mendapatkan overall feedback 
·         Siswa mereview hasil pembelajaran yang sudah didapat
·         Siswa di beri tugas tentang materi yang sudah di pelajari.
·         Guru menutup pelajaran
15 menit

Pertemuan 2
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
·      Guru menyapa siswa
ü  Good morning/ good afternoon everyone
ü  Good morning/ good afternoon class
·     Guru menayatakan kabar
ü  How are you today?
ü  Have you breakfast/eaten?
·      Menyiapkan LCD dan Laptop
·      Menyampaikan kompetensi (cakupan materi) dan rencana kegiatan
·      Memeriksa kehadiran peserta didik dan menulis kegiatan apa yang dilakukan hari ini di jurnal
·      Menjelaskan kepada peserta didik tentang apa yang akan dipelajari hari ini
15 menit
Inti
a.      Mengamati
·         Siswa diminta me review materi yang sudah di ajarkan minggu kemarin.
·         Siswa di memcocokkan PR yang diberikan minggu kemarin.
·         Siswa diminta mengisi tentang formulir scholarship.
·         Siswa mengisi identitas diri.
b.      Menanya
·         Siswa ditanya kebisaan tentang materi yang sudah di ajarkan.
·         Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan pertanyaan yang diberikan guru.
c.       Mengeksplorasi
·         Siswa diminta untuk menemukan  perbedaan antara kalimat  yang disajikan oleh guru.
d.      Mengasosiasikan
·         Siswa diminta membuat curriculum vitae tentang diri siswa.
e.       Mengkomunikasikan
·         Siswa memaparkan hasil karyanya dan di nilai oleh guru.
·         Siswa di beri materi berikutnya kalau siswa sudah faham semua.
105 menit

Penutup
·         Siswa menunjukkan hasil karyanya kepada guru.
·         Siswa mendapatkan overall feedback.
·         Siswa mereview hasil pembelajaran yang sudah didapat dan baru saja didapat.
·         Siswa di beri tugas tentang materi yang sudah di pelajari
·         Guru menutup pelajaran
15 menit

H.             PENILAIAN PROSES DAN HASIL BELAJAR
1. Teknik dan Bentuk Instrumen
Teknik
Bentuk Instrumen
Pengamatan sikap
Lembar pengamatan sikap dan  rubrik
Penilaian Kinerja
Lembar penilaian kinerja dan rubrik
Tes tulis
Uraian dan rubriknya



2. Instrumen            
a.    Pengamatan sikap
1)   Lembar Pengamatan Sikap
No.
Aspek yang dinilai
3
2
1
Keterangan
1.
Bersemangat dalam mengikuti kegiatan pembelajaran Bahasa Inggris




2.
Antusiasmedalammemahamibacaan




3
Tanggungjawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok




4
Menghargaipendapat orang lain





2)         Rubrik Penilaian Sikap
No
Aspek yang dinilai
Skor
Rubric
1
Bersemangat  dalam mengikuti kegiatan  pembelajaran Bahasa Inggris

3
Menunjukkan ekspresi mimik wajah senang, ceria, semangat dan gembira dalam  mengikuti kegiatan pembelajaran Bahasa Inggris.
2
Menunjukkan ekspresi mimik wajah senang, ceria, dan gembira tapi tidak bersemangat dalam mengikuti kegiatan pembelajaran Bahasa Inggris.
1
Tidak menunjukkan ekspresi mimik wajah senang, ceria, semangat dan gembira terhadap dalam  mengikuti kegiatan pembelajaran Bahasa Inggris
2
Antusias dalam memahami bacaan
3
Antusias dalam menjawab pertanyaan yang 
berkaitan dengan bacaan.
2
Kurang antusias dalam menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan bacaan. 
1
Tidak antusias dalam menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan bacaan.
3
Ketekunan dan tanggung jawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok
3
Tekun dalam menyelesaikan tugas dengan hasil terbaik yang bisa dilakukan, berupaya tepat waktu.
2
Berupaya tepat waktu dalam menyelesaikan tugas, namun belum menunjukkan upaya terbaiknya.
1
Tidak berupaya sungguh sungguh dalam  menyelesaikan tugas, dan tugasnya tidak selesai.
4
Menghargai pendapat orang lain
3
Aktif dalam tanya jawab, dapat mengemukaan gagasan atau ide, menghargai pendapat siswa lain.
2
Aktif dalam tanya jawab, tidak ikut mengemukaan gagasan atau ide, menghargai pendapat siswa lain.
1
Aktif dalam tanya jawab, tidak ikut mengemukaan gagasan atau ide, kurang menghargai pendapat siswa lain.

No
Aspek yang dinilai
Nilai
Paraf guru
1
Bersemangat dalam mengikuti kegiatan pembelajaran Bahasa Inggris.


2
Antusias medalam memahami bacaan.

3
Tanggung jawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok.

4
Menghargai pendapat orang lain.


Rata – rata


Nilai:  total skor yang diperoleh  × 10
12

a.    Uraian dan rubriknya


 


Rubrik Penilaian Menulis (POINT C)
No


Nama
Aspek yang dinilai


Jumlah

Grade
Konten
(gambar)
Pemilihan kata
Struktur dan tata bahasa














Skala nilai :
Masing masing aspek nilai maksimalnya 32 point dengan skala:
>15 : kurang
15-20: sedang
20-25: baik
25-29: amat baik
30-32 :istimewa
Padanilaiakhir, setelahdijumlah, diberlakukan system grading dengan criteria:
A : Skor 91 – 100
B : Skor 75 – 90
C : Skor 60 – 74
K : Skor ≤ 59

Mengetahui,                                                               Pare, 16 Juli 2018
Kepala SMAN 1 Pare                                               Guru Mata Pelajaran
                                   
                                   

Drs. Mohammad Tohir, M.Pd.I                              Dr. Muhson, M.Pd
NIP. 19631122 198803 1 005                                    NIP. 19650324 199203 1 005                                                                         
STUDENT’S WORKSHEET
Lampiran Kegiatan Belajar 1

Read the explanation below.
A.    Formulir
a.   Pengertian Formulir
Formulir: Secarik Kertas yang memiliki ruang untuk diisi dengan data penting tertentu.
b.   Manfaat Formulir
1.   Menetapkan tanggungjawab terjadinya transaksi bisnis
2.   Merekam data transaksi.
3.   Mengurangi kesalahan pesan dibanding dengan cara lisan.
4.   Media komunikasi antar orang/bagian/organisasi.

c.    Golongan Formulir
1.   Menurut Sumbernya :
ü  Form yang dibuat dan disimpan di perusahaan
ü  Form yang dibuat dan dikirim ke luar perusahaan
ü  Form yang diterima dari pihak luar perusahaan
2.      Menurut Tujuan Penggunaannya:
ü  Form untuk meminta dilakukannya tindakan
ü  Form untuk mencatat kejadian/tindakan yang terjadi.

d.   Prinsip Perancangan Formulir
1.      Gunakan tembusan/rangkap dan carbon/carbonless paper
2.      Hindari duplikasi data, pada form yang sama atau dengan form lainnya
3.      Sederhana dan ringkas
4.      Terapkan internal Check agar teliti dan terpercaya untuk menghindari kesalahan pengisian.
5.      Cantumkan Nama & Alamat perusahaan untuk komunikasi dg. Pihak luar.
6.      Cantumkan nama & nomor kode form untuk identifikasi.
7.      Cantumkan Nomor Urut tercetak form untuk mengontrol pengeluaran form.
8.      Cetak garis jika akan ditulis tangan.
9.      Cantumkan nomor garis di dua sisi jika form-nya lebar.
10.  Rancang pengisian yang efisien, seperti tanda cek/silang, Ya atau Tidak.
11.  Rancang urutan logis pengisian dan penempatan blok/kelompok data.

e.    Kelebihan Electronic Formulir
1.      Persediaan selalu cukup, tidak akan lebih ataupun kurang.
2.      Selalu Up to date, mudah diperbaharui.
3.      Efisien, jika harus segera diganti tanpa harus menunggu persediaan habis.
4.      User friendly, mudah pengisiannya tanpa takut salah karena ada help.
5.      Cepat dalam pengisiannya, karena kursor berhenti di tempat isian.
6.      Praktis, dapat mengkalkulasi otomatis.
7.      Tidak ada data ngambang dari pengaruh transfer dari lokasi lain.
8.      Lebih terkendali, dengan Password nomor urut otomatis
9.      Mudah pengelolaannya, baik dalam perancangan, penggunaan, pengendalian dan pengarsipan datanya.

f.     Dokumen
1.         Dokumen Sumber (Source Document):
Dokumen yang dijadikan dasar pencatatan terhadap jurnal atau buku pembantu.
2.         Dokumen Pendukung (Supporting S.):
Dokumen yang melampiri dokumen sumber sebagai bukti sahihnya transaksi yang dicatat dalam jurnal dan buku pembantu

Contoh:
Faktur Pembelian:
ü    Bukti Kas Keluar
ü    Surat Order Pembelian
ü    Laporan Penerimaan Barang
ü    Faktur dari pemasok
Setelah memahami struktur teks diatas cobalah mengidentifikasi struktur teks berikut.
Find information about form of room reservation in a hotel. And make conversation with your friend about the room reservation.
Sources: Ira Wijayanti, Nitya jwalita, Kristin Ambarwati & Mariyana. 2016. Be Smart in English 1 for grade X senior High Schools. Solo:PT Wangsa Jatra Lestari, 13
Lampiran Kegiatan Belajar 2

Setelah kalian belajar tentang struktur teks khusus dalam bentuk formulir isian pada contoh kegiatan belajar 1,sekarang perhatikan  pada teks berikut!
Do the following tasks.
Sources: Ira Wijayanti, Nitya jwalita, Kristin Ambarwati & Mariyana. 2016. Be Smart in English 1 for grade X senior High Schools. Solo:PT Wangsa Jatra Lestari, 18
Lampiran Kegiatan Belajar 3
Make Curriculum Vitae with the format below! Open your textbook page 11-12 became reference!


Sources: Ira Wijayanti, Nitya jwalita, Kristin Ambarwati & Mariyana. 2016. Be Smart in English 1 for grade X senior High Schools. Solo:PT Wangsa Jatra Lestari, 11-12
 Lampiran Kegiatan Belajar 4

Penutup
How do you feel with the lesson you have done?
Tabel Refleksi Diri Pemahaman Materi
No
Pertanyaan
Ya
Tidak
1.
Apakah kalian telah memahami pengertian dari teks khusus dalam bentuk formulir isian?


2.
Dapatkah kalian mengidentifikasi kata kerja yang ada pada teks khusus dalam bentuk formulir isian?


3.
Dapatkah kalian memahami generic structure teks khusus dalam bentuk formulir isian?


4.
Dapatkah kalian menemukan ungkapan dan kosa kata yang lazim digunakan pada teks khusus dalam bentuk formulir isian?


5.
Dapatkah menjawab pertanyaan dari materi yang sudah di sajikan?



Jika menjawab “TIDAK” pada salah satu pertanyaan di atas, maka pelajarilah kembalimateri tersebut dalam BukuTeks Pelajaran (BTP) dan pelajari ulang lampiran lampiran kegiatan belajar 1 yang sekiranya perlu kalian ulang dengan bimbingan Guru atau teman sejawat. Jangan putus asa untuk mengulang lagi!. Dan apabila kalian menjawab “YA” pada semua pertanyaan, maka lanjutkan berikut.

Dimana posisimu?
Ukurlah diri kalian dalam menguasai materi teks khusus dalam bentuk formulir isian dalam rentang 0 – 100, tuliskan kedalam kotak yang tersedia.



 






Setelah kalian menuliskan penguasaan hadap materi teks khusus dalam bentuk formulir isian,lanjutkan kegaitan berikut untuk mengevaluasi penguasaan kalian!.

Setelah menyelesaikan kegiatan di atas dan mengikuti lampiran kegiatan belajar 4,bagaimana penyelesaian permasalahan pada teks khusus dalam bentuk formulir isian dibagian awal pembelajaran tadi?Silahkan kalian berdiskusi dengan teman sebangku atau teman lain. Kemudian tuliskan penyelesaian ide pokok dan nilai moral dari teks tersebut di buku kerja masing-masing!.
Ini adalah bagian akhir dari UKB, mintalah tes formatif kepada Guru kalian sebelum belajar ke UKB berikutnya. Sukses untuk kalian!!!

 







Komentar

Postingan populer dari blog ini

RPP SMA Kelas X materi lagu

RPP SMA Kelas X materi report text

RPP SMA Kelas X materi text recount