RPP SMA Kelas X materi teks iklan


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
BIG-LM-3.7/4.7/2/7

Satuan Pendidikan               : SMAN 1 GROGOL
Mata Pelajaran                 : Bahasa dan Sastra Inggris
Kelas / Semester                : X / 1
Materi Pokok                  : Teks Iklan
Alokasi Waktu                 : 6 JP
 

A.    KOMPETENSI INTI
1.     Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.    Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.    Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.    Mengolah, menalar, dan menyaji, dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.    KOMPETENSI DASAR / IPK

Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.7  Membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk iklan dengan memberi dan meminta informasi terkait kegiatan (event), sesuai dengan konteks penggunaannya

3.7.1 mengidentifikasi fungsi social, struktur teks dan unsur kebahasaan teks dalam bentuk iklan
3.7.2 membedakan struktur teks dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam beberapa iklan
3.7.3 membandingkan berbagai jenis iklan

4.7 Iklan kegiatan (event)
4.7.1 Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan teks khusus dalam bentuk iklan kegiatan(event)
4.7.2 Menyusun teks khusus dalam bentuk iklan kegiatan (event), lisan dan tulis, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks

4.7.1 menganalisis gambaran umum dari fungsi sosial, struktur dan unsur kebahasaan teks dalam bentuk iklan teks iklan yang dibaca
4.7.2.1 merencanakan sebuah iklan kegiatan
4.7.2.2 menulis iklan kegiatan berdasarkan rancangan yang dibuat


 
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui diskusi, tanya jawab, penugasan, presentasi dan analisis teks dengan menggunakan teknik inkuiri peserta didik dapat membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, serta menangkap makna secara kontekstual dari teks pemberitahuan untuk selanjutnya mampu menyusun teks iklan (advertisement), sehingga peserta didik dapat menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya, mengembangkan sikap sabar, tekun, dan bertanggungjawab, serta dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis, berkomunikasi, berkolaborasi, berkreasi(4C).

E.  MATERI PEMBELAJARAN
·           Faktual:
o   Advertisement text
·           Konseptual:
o   Iklan (Advertisement) berarti memberi informasi kepada seseorang tentang sesuatu atau meyakinkan seseorang untuk melakukan sesuatu


Contoh teks iklan
Hasil gambar untuk example of advertisementGambar terkait

·           Prosedural:
o   Struktur teks iklan kegiatan:
       Judul atau jenis kegiatan (The title/type of event)
       Penjelasan lebih lanjut (explanation), secara umum berisi: tanggal dan waktu (date and time), tempat (place), dan orang/alamat yang dapat dihubungi (contact person/address)
o   Unsur kebahasaan:
Kosa kata, tata bahasa, ucapan, rujukan kata, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tanda baca yang tepat, dengan pengucapan yang lancar dan penulisan dengan tulisan tangan atau cetak yang jelas dan rapi.
§  Frequent use particular verbs
§  The use of positive adjectives
§  Simple sentences
§  Imperative sentences

F.    METODE PEMBELAJARAN
Model Inkuiri, sintak pembelajaran:
·         Menyajikan fenomena
·         Melakukan observasi
·         Merumuskan masalah
·         Mengajukan hipotesis
·         Mengumpulkan data
·         Menganalisis data
·         Menyimpulkan

G.    Media/Alat dan Bahan Pembelajaran
1.       Media/Alat
·         Laptop
·         LCD
2.      Bahan Belajar
·           Unit Kegiatan Belajar/UKB

H.   Sumber Belajar
Harris, M. & Sikorzynska, A. 2012. CHOICES: Pre-Intermediate Students' Book. England: Pearson Education
____.(n.d.). MoneyInstructor-nomics classroom economy: Advertising. Retrieved on May 9, 2017 from https://www.moneyinstructor.com/lesson/advertising.asp.









I.     KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
·         Siswa menjawab salam  guru
·         Mengecek kebersihan kelas dan mengingatkan fungsi dari Polisi lingkungan
·         Siswa menyebutkan pokok materi yang telah dipelajari pada pertemuan lalu (UKB yang telah diselesaikan)
·         Siswa memperhatikan gambar iklan yang diberikan guru
·         Siswa menjawab pertanyaan terkait gambar iklan yang diberikan
·         Guru menanyakan kesiapan siswa untuk mengikuti pelajaran dan mengingatkan kembali tata cara pembelajaran menggunakan UKB

10 menit
Inti
PERTEMUAN 1
a.   Menyajikan fenomena
·         Siswa diminta mencermati kembali dua contoh iklan yang diberikan guru
·         Siswa menjawab pertanyaan terkait iklan yang dicermati

b.   Melakukan observasi
·         Siswa mencermati empat jenis iklan yang berbeda yang ada dalam TASK 1 di UKB mereka (BSE-3.7/4.7/2/8)
·         Siswa mempelajari dan membedakan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan dari iklan yang dicermati

c.    Merumuskan masalah dan mengajukan hipotesis
·         Siswa membandingkan keempat iklan yang telah dicermati
·         Guru memotivasi siswa untuk merumuskan masalah yang didapat hasil membandingkan keempat iklan dicermati dengan menyelesaikan TAS 1 & 2 di UKB mereka (BSE-3.7/4.7/2/8)
·         Guru membimbing siswa merumuskan masalah

d.   Mengumpulkan data
·         Siswa mengumpulkan hasil data yang diperoleh setelah observasi (membandingkan keempat iklan yang dicermati)
·         Siswa mendiskusikan nya (dengan teman sebangku atau kelompok yang lebih besar)
·         Siswa menuliskan data yang didapat dengan menyelesaikan evaluation for task 1 &2 di UKB mereka (BSE-3.7/4.7/2/8)

PERTEMUAN 2
e.   Menganalisis data
·         Siswa diminta merancang sebuah iklan kegiatan berdasarkan pengetahuan mereka mengenai fungsi, struktur dan ciri kebahasaan teks iklan yang telah di dapat di pertemuan sebelumnya 
·         Siswa menyusun rancangan dengan menyelesaikan task 3 di UKB mereka (BSE-3.7/4.7/2/8)

f.    Menyimpulkan
·         Siswa menukar hasil kerjanya dengan teman dan mengoreksi hasil kerja teman dengan menggunakan writing checklist yang ada di UKB mereka (BSE-3.7/4.7/2/8)
·         Siswa mengecek hasil kesimpulan yang mereka buat mengenai materi “iklan” dengan menajwab evaluation for task 3 di UKB mereka (BSE-3.7/4.7/2/8)
70menit




























70menit

Penutup
·         Siswa mengisi table refleksi diri yang ada di UKB mereka (BSE-3.7/4.7/2/8)
·         Siswa mengumpulkan kerjaan (buku kerja untuk UKB mereka (BSE-3.7/4.7/2/8))
·         Siswa diminta mempelajari materi untuk pertemuan berikutnya
·         Siswa menjawab salam penutup
10    menit

J.    PENILAIAN
a.  Teknik Penilaian
·         Sikap                : Observasi dan Jurnal
·         Pengetahuan    : Tes Tulis
·         Keterampilan   : Unjuk Kerja


b.  Bentuk Instrumen
·         Pengetahuan    : tes uraian (di UKB(BSE-3.7/4.7/2/8))
·         Keterampilan   : rubrik unjuk kerja

Produk (teks tulis iklan kegiatan)
NO
CRITERIA
CRITERIA DETAILS
SCORE
1
CONTENT RELEVANCE
The content is relevant to the topic
45
The content is less relevant to the topic
35
The content is not relevant to the topic
20
2
LANGUAGE USE
The language is appropriate
20
The language is less appropriate
15
The language is not appropriate
10
3
DESIGN AND  LAYOUT
The design &layout is attractive and interesting
30
The design & layout is less attractive and interesting
25
The design & layout is not attractive and interesting
20


·         Sikap pada mata pelajaran ini sebagai dampak setelah mempelajari materi teks pemberitahuan (announcement) yang diamati melaui observasi terhadap sikap ekstrim positif dan esktrim negatif.

c.   Pembelajaran Remediasi dan Pengayaan
·         Pembelajaran remediasi dilakukan segera setelah kegiatan penilaian:
·         Pembelajaran remidiasi diberikan kepada siswa yang belum mencapai KKM (besaran angka hasil remediasi disepakati dengan adanya “penanda” yaitu angka sama dengan KKM sekolah).
·         Pengayaan diberikan kepada siswa yang telah mencapai nilai KKM dalam bentuk pemberian tugas ke UKB berikutnya


Grogol, 1 November  2018
Mengetahui,
Kepala SMA Negeri 1 Grogol                                                                          Guru Mata Pelajaran



Drs. Tajuddin Subekti, M.Si                                                                             Ratri Nurhayati, S. Pd.
NIP. 19651005 199003 1 020                                                                          NIP.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

RPP SMA Kelas X materi lagu

RPP SMA Kelas X materi report text

RPP SMA Kelas X materi text recount