RPP SMA Kelas X materi Conjunction
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
BIG-LM-3.4/4.4/1/4
Nama Sekolah :
SMA Negeri 1 Kediri
Mata Pelajaran : Bahasa dan Sastra Inggris
Kelas/Semester : X (Sepuluh)
/ 1 (Satu)
Materi Pokok :
Conjunction
Alokasi Waktu :
9 x 45 menit
A.
Kompetensi
Inti/KI (Lihat
Permendikbud No. 24 Tahun 2016)
Kompetensi Sikap Spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya”.
Kompetensi Sikap Sosial yaitu, “Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif,dan
pro-aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan
diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia”.
KI 3: memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, procedural berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan,teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,
dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4: mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai
kaidah keilmuan
B.
Kompetensi
Dasar/KD dan Indikator Pencapaian Kompetensi/IPK
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
|
3.4. menerapkan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi
transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi terkait hubungan setara antara dua benda/tindakan,
sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan
unsur kebahasaan both ...
and; not only
... but also; either
...or; neither
... nor)
|
3.4.1 mengidentifikasi
penggunaan both ...
and; not only
... but also; either
...or; neither
... nor dalam kalimat atau percakapan.
3.4.2 mencontohkan
penggunaan both ...
and; not only
... but also; either
...or; neither
... nor dalam kalimat atau percakapan.
3.4.3 menerapkan penggunaan
both ...
and; not only
... but also; either
...or; neither
... nor dalam percakapan.
|
|
4.4. menyusun
teks interaksi transaksional
lisan dan tulis yang melibatkan
tindakan memberi dan meminta
informasi yang mengandung
hubungan setara antara
dua benda/tindakan, dengan
memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan
yang benar dan sesuai konteks
|
4.4.1 menyusun
percakapan dengan menyertakan penggunaan both ...
and; not only
... but also; either
...or; neither
... nor di dalamnya
|
C.
Tujuan Pembelajaran
Melalui diskusi, tanya jawab, penugasan,
presentasi dan analisis, peserta didik dapat menerapkan fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan teks interaksi
transaksional lisan dan tulis
yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi terkait
hubungan setara antara dua benda/tindakan,
sesuai dengan konteks
penggunaannya. (Perhatikan
unsur kebahasaan both ... and; not only ...
but also; either ...or; neither ...
nor)
serta menyusun
teks interaksi transaksional lisan dan
tulis yang melibatkan tindakan
memberi dan meminta informasi yang mengandung hubungan setara antara
dua benda/tindakan, dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan
sesuai konteks, sehingga
peserta didik dapat menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya,
mengembangkan sikap jujur, peduli, dan bertanggungjawab, serta dapat
mengembangankan kemampuan berpikir
kritis, berkomunikasi, berkolaborasi, berkreasi(4C).
D. Materi
Pembelajaran
·
Faktual:
o
Macam – macam kalimat yang menggunakan unsur kebahasaan both ... and; not only ... but also; either ...or; neither ...
nor
o
Percakapan yang menggunakan unsur
kebahasaan both ... and; not only ...
but also; either ...or; neither ...
nor
·
Konseptual:
o Both…and: Combines same word form elements in the same sentence.
o Not only …. but
also: Combines same word form elements
in the same sentence. It is different from “both….and” at the meaning.
o Either …. or: Indicates that there is an
option. It is also used in negative forms.
o
Neither
…. nor: Indicates that there is no option. There’s nothing to
choose.
·
Prosedural:
o
Menyusun percakapan dengan menyertakan penggunaan both ... and, not only
... but also, either ... or, neither ... nor
E.
Pendekatan/Model/Metode Pembelajaran
Model Pembelajaran Contextual Teaching Learning dengan metode diskusi, tanya jawab,
penugasan, dan presentasi
F.
Media/Alat dan Bahan Pembelajaran
1.
Media/Alat
·
Laptop
·
LCD
2.
Bahan
Belajar
·
Unit Kegiatan Belajar/UKB
G.
Sumber Belajar
Th. M.
Sudarwati, Eudia Grace.
2016. Buku
Siswa Pathway X Wajib. Penerbit
Erlangga.
H.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
1. Pendahuluan:
·
Menyiapkan
kondisi peserta didik untuk mengikuti pembelajaran, seperti menanyakan kabar
dan mengabsen peserta didik
·
Menanyakan
kepada peserta didik terkait materi yang sudah dipelajari
·
Menjelaskan
tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai
·
Menyampaikan
cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan pembelajaran, memberikan
orientasi terhadap materi yang akan dipelajari
2.
Kegiatan Inti
·
Fase 1
(Orientasi)
Ø Peserta didik mengamati kalimat kontekstual yang diberikan oleh guru terkait dengan penggunaan unsur kebahasaan both ... and; not only ... but also; either ...or; neither ...
nor
Ø Diberikan
UKB1-04, lihat pada kegiatan belajar 1
·
Fase 2
(Mengidentifikasi)
Ø Peserta didik mengidentifikasi penggunaan unsur kebahasaan both ... and; not only ... but also; either ...or; neither ...
nor.
·
Fase 3
(Membimbing
penyelidikan individu dan kelompok)
Ø Membantu peserta didik mendefinisikan dan
mengorganisasikan tugas belajar yang terdapat pada kegiatan belajar 1, kegiatan
belajar 2, dan kegiatan belajar 3.
Ø Mendorong peserta didik untuk mencontohkan penggunaan both ... and; not only ... but also; either ...or; neither ...
nor dalam kalimat.
Ø Memberikan bantuan berupa penyempurnaan kalimat yang kurang lengkap atau
kurang sesuai
·
Fase 4
(mengembangkan
dan menyajikan hasil karya)
Ø Membantu peserta didik dalam merencanakan dan menyiapkan percakapan yang mengandung unsur
kebahasaan both ... and; not only ...
but also; either ...or; neither ...
nor
Ø Memandu siswa untuk melakukan percakapan secara berpasangan
3.
Penutup
·
Guru
memberikan evaluasi pembelajaran
yang terdapat pada UKB1-04
·
Apabila
evaluasi belum selesai dikerjakan, peserta didik dapat melanjutkan di rumah
·
Setelah
selesai mengerjakan evaluasi tersebut, peserta didik diharapkan dapat menjawab rubrik evaluasi diri pada UKB1-04
I.
Penilaian Proses dan Hasil Pembelajaran
a.
Teknik
Penilaian
·
Sikap : Observasi dan Jurnal
·
Pengetahuan : Tes Tulis
·
Keterampilan : Unjuk Kerja
b.
Bentuk
Instrumen
·
Pengetahuan : tes uraian (lampiran 1)
·
Keterampilan : rubrik unjuk kerja (lampiran 2)
·
Sikap pada
mata pelajaran ini sebagai dampak setelah mempelajari materi
both ... and; not only ... but also; either ...or; neither ...
nor yang diamati melalui writing membuat percakapan dengan menggunakan
konjungsi both ... and, not only ... but also, either ... or, neither ... nor
c.
Pembelajaran
Remediasi dan Pengayaan
·
Pembelajaran
remediasi dilakukan segera setelah kegiatan penilaian:
·
Pembelajaran
remidiasi diberikan kepada siswa yang belum mencapai KKM (besaran angka hasil
remediasidisepakati dengan adanya
“penanda” yaitu angka sama dengan KKM sekolah).
·
Pengayaan
diberikan kepada siswa yang telah mencapai nilai KKM dalam bentuk pemberian
tugas ke UKB berikutnya
Mengetahui
Kepala
SMA Negeri 1 Kediri
WIDAYAT, S.Pd, MM
NIP. 19651017 198811 1 002
|
Kediri, 14 Juli 2018
Pengajar
BAMBANG YULIANTO, M.Pd
NIP. 197107151998021004
|
Lampiran 1
Tes Akhir
UKB1-04
A) Fill in the blanks with
“either…..or” Or “neither ….. nor” (score: 25)
1)
I like _____
politics _____ history.
2)
She didn’t
buy ______ vegetable _____ fruit. She bought only meat for dinner.
3)
We went to
______ İstanbul _____ Ankara. We didn’t have time.
4)
Aylin plays
_____ the violin _____ the piona. She plays the drum.
5)
My father
_____ drives to work _____ walks to work. He rides bcycle.
6)
I have _____
a PC _____ a TV. But I will buy a PC.
7)
My mother
goes _____ shopping _____ working. My father does everything needed.
8)
Lugano
drinks _____ beer _____ rakı.
9)
We need
_____ a knife _____ pocket-knife. I think a knife will be suitable.
10) We eat
_____ hamburger _____ sandwich. We eat fresh food.
B) Correct the mistakes (score: 24)
1) I drink
either milk nor tea.
2) We not only
play football but only swim.
3) My mother
both go shopping also sew a new dress.
4) Kubilay
likes not only drama but history.
5) Meltem
either comes with us but stays at home.
6) Our
teacher knows not only gegraphy but only history.
7) Serkan
teaches both maths only geometry.
8) We need
neither a car or a house.
C) Rewrite the sentences by using
the words given (score: 30)
1) I like
playing football. I like swimming.
a)
__________________________________________ ( not only…..but also )
b)
__________________________________________ ( both…..and )
2) Serkan
doesn’t like smoking. Serkan doesn’t like lying.
a)
__________________________________________ ( neither…..nor )
b)
__________________________________________ ( both…..and )
3) My mother
cookes meat. My mother makes salad.
a)
__________________________________________ ( not only…..but also )
b)
__________________________________________ ( both…..and )
4) The gardener watered the flowers. He planted new trees.
a)
__________________________________________ ( not only…..but also )
b)
__________________________________________ ( both…..and )
5) My little
boy doesn’t read magazines. He doesn’t watch documentaries.
a) __________________________________________
( not only…..but also )
b)
__________________________________________ ( both…..and )
D) Rewrite the sentences with
proper connectors (score:21)
1) Rudy
reads comics. He also reads newspapers. He loves reading.
_____________________________________
_____________________________________
2) My grandfather doesn’t like rainy weather. He
doesn’t like the snow,either.
_____________________________________
_____________________________________
3) We may have an exam tomorrow. But we may have
the exam next week. We don’t know.
_____________________________________
_____________________________________
4) Renno prepares a project for homeless people.
He also prepares a project for homeless animals.
_____________________________________
_____________________________________
5) Teenagers love Tarkan. They also love Hadise.
_____________________________________
_____________________________________
6) The parents never let the student be out at
night. They don’t allow them to go abroad without their parents.
_____________________________________
_____________________________________
7) We go fishing on Sundays. We have picnics on
Sundays, too.
_____________________________________
_____________________________________
Lampiran 2
RATING
CRITERIA FOR WRITING
ORGANIZATION
|
SCORE
|
DESCRIPTION
|
|
5
|
The
student is able to write in correct organization of text and ideas, and meet
the requirement of length of text.
|
|
4
|
The
student is able to write in correct organization and ideas, but does not meet
the requirement of length of text
(only ¾)
|
|
3
|
The
student is able to write in correct organization and ideas, but does not meet
the requirement of length of text
(only 1/2)
|
|
2
|
The
student has difficulty in organizing the ideas.
|
|
1
|
The
student cannot organize the text and ideas
|
RELEVANCE
|
SCORE
|
DESCRIPTION
|
|
1
|
The
student writes accordingly with the target topic.
|
|
0
|
The
student writes not accordingly with the target topic.
|
VOCABULARY
|
SCORE
|
DESCRIPTION
|
|
4
|
The
student uses words and expressions sufficiently
and properly.
|
|
3
|
The
student misses some words
but still makes writing relevant and understandable.
|
|
2
|
The
student makes mistakes in diction
that causes effort in understanding
the text.
|
|
1
|
The
student can hardly write in English
due to the insufficient vocabulary stock.
|
GRAMMAR
|
SCORE
|
DESCRIPTION
|
|
5
|
The
student makes no mistakes
in structure.
|
|
4
|
The
student makes few mistakes
in structure (1-10)
|
|
3
|
The
student makes many mistakes
in structure (2-20)
|
|
2
|
The
student makes mistakes in
structure most of the time (21-30)
|
|
1
|
The
student can hardly write in English
with the correct structure (>30)
|
Lampiran 3
Soal Latihan UKB1-04 _ kegiatan Belajar 1
Setelah kalian memahami uraian
singkat materi dan contoh di atas, maka:
1.
Analisislah kesalahan pada kalimat - kalimat berikut :
a). Either John will call Mary or Bob.
b). Not only
Sue saw the mouse but also the cat.
c). Both my
mother talked to the teacher and my father.
d). Neither
Jane called the police nor her sister.
e). She
likes reading both and watching television.
f). Not only
Mario is clever but also dilligent.
g). Neither
mother made a cake nor washed the dishes.
h). You
should either buy or vegetabled fruits
i). I miss
my dog and both my cat.
j). He is
not only sick but also sad.
2.
Pilih jawaban yang paling sesuai untuk masing – masing soal berikut
1. We visited _____ Serkan ___ Kerem. They
weren’t at home.
A. neither …. nor B.
not only …. but also
2. Aslı bought _____ a book ___ a notebook. She
really needed them.
A. neither …. nor B.
not only …. but also
3. We like ____ reading _____ writing. We love the literature.
A. neither …. nor B.
not only …. but also
2. My mother cooks ______ fish ____ chicken. She is vegetarian.
A. neither …. nor B.
not only …. but also
3. Ahmet speaks _____ Spanish ____ French. He is very interested in
languages.
A. neither …. nor B.
not only …. but also
6. We
have _____ went shopping ____ went to
the cinema. It was a good day.
A. neither …. nor B.
not only …. but also
7. Serdar
plays _____ football _____ Basketball.
He isn’t interested in Sports.
A. neither …. nor B. not only …. but also
8. Boncuk
_____ eats fish _____ drinks milks. It loves them.
A. neither …. nor B.
not only …. but also
Lampiran 4
Soal Latihan UKB1-04 _ kegiatan Belajar 2
1. Kombinasikan pasangan kalimat di bawah ini menjadi kalimat yang
berisikan struktur parallel. Gunakan konjungsi berpasangan yang tepat : both
... and, not only ... but also, either ... or, neither ... nor.
1. He
doesn’t have pen. He doesn’t have paper.
2. Ron
enjoys horseback riding. Bob enjoys horseback riding.
3. You can
have tea, or you can have coffee.
4. Arthur is
not in class today. Ricardo is not in class today.
5. Frans is
absent. Sandra is absent.
6. We can
fix dinner for them here, or we can take them to a restaurant.
7. She wants
to buy a Chevrolet, or she wants to buy a Toyota.
8. The
leopard faces extinction. The tiger faces extinction.
9. The
library does not have the book I need. The bookstore does not have the book I
need.
10. We could
fly, or we could take the train.
2. Tuliskan 4 contoh kalimat menggunakan konjungsi berpasangan yang tepat :
both ... and, not only ... but also, either ... or, neither ... nor.
Komentar
Posting Komentar